Apakah Gangguan Siklus Haid?

Gangguan siklus haid adalah kondisi yang terjadi ketika hormon tidak seimbang, kondisi struktural, atau peristiwa tidak normal yang terjadi selama siklus haid.

Yang dapat di kategorikan kedalam
gangguan siklus haid antara lain :

1. Abnormal Uterine - beberapa pola perdarahan uterine abnormal antara lain, perdarahan yang berlebihan selama haid, periode yang berlangsung lebih dari satu minggu, siklus haid kurang dari 21 hari atau lebih lama dari 35 hari, dan periode yang terjadi terlalu sering, serta tidak adanya haid. Penyebab pendarahan uterine abnormal karena tidak ada nya keseimbangan hormon, leiomyomas atau tumor uterine, struktur tidak normal pada uterus, dan kondisi penyakit - penyakit ginjal atau hati, leukemia, dan disebabkan obat tertentu. 

2. Amenorrhea - Meskipun secara teknis digolongkan sebagai pendarahan uterine abnormal, amenorrhea terjadi karena tidak adanya haid pada seorang wanita.

 3. PMS dan PMDD - Premenstrual syndrome atau gangguan premenstrual dysphoric
 
4. Kram saat Haid- Perawatan untuk kram saat haid adalah dengan cara menggunakan obat, seperti acetaminophen dan ibuprofen, atau juga dapat menghangatkan daerah panggul Anda untuk membantu meringankan gangguan kram haid.

2 komentar:

  1. wah,,ininih yang harus aku tau juga
    agar nggak salah paham di kelak hari
    hehehehe

    BalasHapus
  2. Kenapa anak perempuanku masa siklus haidnya cepat sekali, hanya 7 hari masa bersih setelah itu haid lagi

    BalasHapus