Mau Mawar Potong? Berikut Cara Merawatnya

Kali ini kami akan memberikan beberapa saran tentang bagaimana cara merawat bunga mawar potong dalam vas bunga. Entah bunga mawar potong yang anda peroleh dari hasil memotong dari kebun sendiri atau membelinya dari penjual bunga. Harapan kami adalah kiranya tips-tips ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah buang mawar potong yang cepat layu.

gambar_mawar_potong0705
Berikut langkah-langkah sederhana agar mawar potong Anda terlihat segar lebih lama:
  1. Segera beri air. Jika anda membeli atau menerima mawar potong dari seseorang, sesegera mungkin letakan mawar dalam vas bunga dengan air. Namun jika Anda belum memiliki atau kesulitan dalam mencari vas, yang terpenting adalah cepat letakan mawar tersebut kedalam wadah dengan sedikit air.
  2. Gunakan air hangat/suam. Setelah vas yang akan digunakan dibersihkan, selanjutnya adalah isi 3/4 penuh dengan air hangat. Kegunaan air hangat disini adalah agar bunga mawar potong lebih cepat menyerap air dan nutrisi. Apakah tidak boleh menggunakan air dingin? Boleh saja, proses mekarnya agak lebih lambat dibandingkan jika menggunakan air hangat.
  3. Berikan nutrisi bunga. Pastikan untuk menambahkan makanan bunga ke air sesuai dengan petunjuk paket. Biasanya florist sudah menyertakannya kedalam paket karangan bunga atau bunga potong. Nutrisi bunga berisi tiga unsur utama yang bekerja sama untuk memperpanjang umur bunga Anda: (a) Sumber makanan untuk perkembangan dan kelangsungan bunga, (b) Sebuah zat tambahan untuk mengontrol pH air, dan (c) Biosida untuk membunuh bakteri berbahaya.

    Jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat memiliki/membeli nutrisi untuk bunga mawar potong, Anda dapat membuat sendiri kok!
    Cukup tambahkan 3 sendok teh non-diet lemon-lime soda (sebagai sumber makanan dan acidifier) ​​dan 1 sendok teh pemutih (untuk membunuh bakteri) untuk satu liter air hangat.
  4. Hindarkan mawar potong dari sumber bakteri air. Sebelum menempatkan bunga ke dalam air, sebaiknya anda membuang dedaunan yang jatuh di bawah garis air. Dedaunan di dalam air akan menyebabkan bakteri tumbuh, sehingga dapat mempersingkat masa pakai vas bunga.
  5. Potong batang mawar secara benar. Jika bunga mawar yang Anda disertai dengan botol air agar tetap terhidrasi, sebaiknya anda buang botol tersebut. Lalu, potong batang mawar. Idealnya, harus dipotong sekitar satu inci dari bagian bawah setiap batang, setelah batang dipotong, segera  letakkan dalam vas yang bersih (ikuti langkah 1-4).

    Sebiknya saat memotong mawar di dalam air, sehingga mawar dengan cepat menyerap air, dan untuk menghindari pembentukan gelembung udara di batang.
    Pemotongan pada sudut bertujuan untuk memaksimalkan jumlah air yang dapat diserap oleh batang. Kedua hal ini bermanfaat untuk mencegah penyumbatan aliran air.
  6. Ulangi. Ulangi langkah-langkah ini setiap tiga hari. Mengambil bunga dari vas, membersihkan vas dengan air panas. Kemudian, isi ulang vas dengan bersih, air hangat dan nutrisi bunga; Anda potong satu inci di bawah air, dan tempatan kembali dalam vas.

    Periksa setiap hari, jangan sampai mawar mengalami dehidrasi akibat adanya penyusutan air yang menguap. Tambahkan air hangat sesuai kebutuhan. 
Cara memajang bunga mawar dalam vas yang baik
gambar_bunga_potong_vas
  1. Letakan bunga Anda di tempat yang dingin, jauh dari sinar matahari langsung dan angin. Hindari memajang bunga Anda dekat sumber panas atau suhu ekstrim, seperti jendela dengan sinar matahari yang kuat, pemanasan,ventilasi pendingin, dan/atau peralatan yang dapat mengeluarkan panas.
  2. Bikin mawar Anda tampil lebih cantik/indah. Buanglah secara perlahan bunga yang mulai berubah warna atau pudar dari kelopak mawar agar tetap terjaga kesegaranya.
  3. Jauhkan bunga Anda dari pematangan buah. Karena proses ini mengeluarkan gas etilen, yang dapat mempersingkat usia bunga potong.
  1. Jika mawar Anda layu, Bunga ini masih dapat dihidupkan kembali. Caranya adalah rendam seluruh bagian bunga mawar dari atas sampai bawah menggunakan wastafel atau bak mandi. Rendam sekitar 30 menit sampai satu jam, mawar mulai menyerap air untuk menjadi terisi kembali. Setelah direndam, sebelum memasukkannya kembali ke dalam vas, jangan lupa untuk memotong satu inci batang bawah air dengan menggunakan pisau tajam atau gunting.

12 komentar:

  1. terima kasih telah berbagi info cara merawat bunga mawar potong dalam vas bunga. sangat bermanfaat dan inspiratif.

    BalasHapus
  2. Apa contoh teh non-diet lemon-lime soda and teh pemutih tu ? Cari kat google tapi tk dapat .

    BalasHapus
  3. Makasih sarannya, tapi teh pemutih tuh maksudnya kaya gimana?

    BalasHapus
  4. terimakasih sangat berguna sekali. barokallah

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus