Fakta Menarik Buah Anggur

Anggur adalah buah yang sangat lezat, memiliki nilai gizi yang tinggi. Hal ini dikenal karena anggur menyediakan sejumlah manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang anggur.

jus_buah_anggur_segar
Gambar Jus Buah Anggur
Dengan kombinasi yang unik dari tekstur renyah dan manis, rasa asam, buah anggur telah mendapatkan popularitas yang ekstrim di seluruh dunia. Anggur adalah buah yang paling populer kedua setelah jeruk. Hal ini dapat dimakan sebagai snack menyegarkan serta digunakan dalam sayuran dan salad buah. Hal ini dapat dikonsumsi dalam bentuk segar atau diawetkan. Anggur juga dapat berupa jeli dalam kalengan, dilumatkan untuk menyiapkan jus atau dikeringkan untuk menyiapkan kismis. Anggur diperkenalkan di Amerika oleh para penjelajah Spanyol sekitar 300 tahun yang lalu. Tanaman anggur adalah salah satu industri makanan terbesar di dunia. Mari kita ketahui beberapa fakta menarik tentang anggur.

Fakta tentang Anggur
  • Ada lebih dari 60 spesies dan 8000 varietas anggur di seluruh dunia. Beberapa varietas umum dari anggur biru, anggur hitam, anggur hijau, anggur merah, anggur emas, anggur biru-hitam, anggur putih dan anggur ungu.
  • Dua jenis utama anggur adalah anggur Eropa dan Amerika. Mereka datang dalam varietas tanpa biji dan buang bijinya.
  • Anggur Amerika tersedia pada bulan September dan Oktober, sementara anggur Eropa tersedia sepanjang tahun.
  • The Thompson tanpa biji anggur adalah penjualan terbaik di Amerika Serikat. Kismis emas dibuat dari  anggur.
  • Produksi anggur lebih dari 72 juta ton di seluruh dunia. Ada sekitar 25 juta hektar anggur di seluruh dunia.
  • Dibutuhkan sekitar 2 ½ pon anggur untuk menghasilkan sebotol anggur.
  • Anggur terdiri dari sekitar 80% air, yang membuat mereka sebagai camilan atau makanan penutup rendah kalori. Kismis atau anggur kering terdiri dari sekitar 15% air.
  • Anggur mengandung flavonoid yang memberikan warna ungu cerah untuk anggur, anggur merah dan jus anggur.
  • Satu cluster rata-rata anggur memiliki 75 buah anggur.
  • Satu pohon anggur anggur dapat tumbuh hingga 50 meter dan dapat memiliki sekitar 40 kelompok buah anggur.
  • Makan terlalu banyak anggur dapat memberikan efek pencahar.
  • Buah anggur segar dapat disimpan dalam lemari es selama sekitar 2-3 hari, ketika disimpan dalam kantong plastik atau wadah tertutup.
Fakta Nutrisi Anggur

Anggur terkenal memiliki nilai gizi yang tinggi. Anggur kaya akan vitamin C dan vitamin K. Mereka mengandung kadar kolesterol, lemak dan sodium rendah. Anggur dikenal karena mengandung protein, karbohidrat, serat makanan, vitamin, mineral, kalsium, besi, natrium, kalium, magnesium, fosfor, riboflavin, thiamin, asam folat dan asam amino. Mereka mengandung jumlah asam caffeic tinggi, yang merupakan zat pelawan kanker yang kuat. Anggur mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat.

 Manfaat Anggur untuk Kesehatan

Dengan nilai gizi yang besar, anggur menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Anggur dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan seperti asma, penyakit jantung, sembelit, gangguan pencernaan, migrain, penyakit ginjal, penyakit Alzheimer dan kelelahan. Anggur meningkatkan kadar asam nitrat dalam darah dan mencegah perkembangan gumpalan darah. Ini meminimalkan risiko serangan jantung. Anggur memainkan peran penting dalam menyembuhkan dispepsia. Jus anggur mengisi ulang kandungan besi tubuh dan mencegah kelelahan. Menurut studi terbaru, ungu berwarna jus anggur Concord efektif dalam mencegah kanker payudara. Anggur juga dapat mencegah degenerasi otot dan katarak, berhubungan dengan penuaan. Anggur terdiri dari senyawa yaitu pterostilbene, yang dapat mengurangi kadar kolesterol. Anggur juga memiliki sifat antikanker dan aktivitas antibakteri.

Dengan demikian, anggur memainkan peran penting dalam mencegah sejumlah masalah kesehatan dan karenanya dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan rumah yang efektif. Setelah mengetahui fakta-fakta tentang anggur, orang dapat mengatakan, "Selamat Menikmati anggur dan sehat".

2 komentar:

  1. izin copy ya???
    makasih....

    BalasHapus
  2. Rio De Janeiro2 Oktober 2013 20.23

    mantap gan,,fakta unik itu loh yg aku prlukan...
    lngsung dpet deh :)

    BalasHapus