PKI (Partai Komunis Indonesia) - Kumpulan Artikel

Berikut fakta tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) yang penting untuk diketahui dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. 

PKI adalah partai politik di Indonesia yang berideologi komunis. Dalam sejarahnya, PKI pernah berusaha melakukan pemberontakan melawan pemerintah kolonial Belanda pada 1926, mendalangi pemberontakan PKI Madiun pada tahun 1948, serta dituduh membunuh 6 jenderal TNI AD di Jakarta pada tanggal 30 September 1965 yang di kenal dengan peristiwa G30S/PKI.


Sejarah PKI - Mengungkap Fakta Komunis Indonesia

Benar yang dikatakan para pakar sejarah bahwa konstruksi sejarah sangat ditentukan oleh subjektivitas pembuat narasi suatu sejarah. Fakta sejarah akan tampak berbeda jika ditunggangi suatu kepentingan. Dalam suatu narasi sejarah yang sama, di tangan si A bisa jadi berbeda alur narasinya di tangan si B. dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa subjektivitas narator punya andil cukup besar dalam merekonstruksi suatu sejarah.

Menurut Rex Mortimer, itulah yang dialami komunisme (PKI) di Indonesia. Rex Mortimer, dalam bukunya Indonesian Communism Under Sukarno; Ideologi dan Politik 1959-1965, mengungkapkan bahwa fakta sejarah komunisme di Indonesia telah didistorsi oleh Barat. Alasannya, Barat, yang notabene antikomunisme khawatir jika komunisme diabaikan begitu saja, akan berkembang pesat dan menandingi kekuatan mereka.

Fakta sejarah bahwa komunisme menaruh perhatian besar terhadap para pekerja, buruh pabrik, petani miskin, buruh pabrik, serta kaum-kaum marjinal lainnya telah dinihilkan. Kemudian dibangun dengan menghadirkan sosok komunisme sebagai sebuah momok sekaligus musuh bersama (common enemy).

Akademisi Barat memunculkan tiga stereotipe terhadap komunisme di Indonesia. Stereotipe itu merusak pemahaman tentang peran dan kontribusi politik PKI yang sangat menonjol di era 1950 sampai pertengahan 1960-an. Pertama, jutaan orang Indonesia yang bernaung di bawah bendera PKI hanya bisa mengekspresikan jerit tangis penderitaan yang dialami lantaran menjadi korban perubahan social pasca kemerdekaan.

Kedua, sejak rencana stabilisasi ekonomi pada 1963, kaum komunis sengaja menciptakan kekacauan ekonomi di tahun-tahun akhir era Sukarno guna mengambil alih kekuasaan. Ketiga, akibat kekhawatiran Barat, menyatakan jika Indonesia menjadi negara komunis, ia akan membantu dominasi China dan mengancam stabilitas keamanan negara-negara nonkomunis. Akhirnya ketiga stereotipe itu pun hanya isapan jempol dan tidak terbukti kebenarannya.

Selain itu, Rex Mortimer, dalam karyanya kali ini, mengajak kita meneladani ideologi sekaligus politik yang diaplikasikan oleh PKI. Bagaimana bisa partai pinggiran yang tidak mencolok mampu bermetamorfosis menjadi sebuah partai terdepan dengan cepat. Prokaum marjinal dijadikan patokan utama dalam mengorganisasi massa. Kaum marjinal bukan hanya kelinci politik, namun kesejahteraannya menjadi orientasi utama berpolitik.

PKI juga merangkul orang sekaliber Sukarno untuk mampu merangsek dengan mudah ke parlemen sehingga PKI menjadi partai yang cukup dipertimbangkan dalam kancah nasional kala itu. Nasionalisme pun dijadikan ideologi mereka sehingga tak perlu ditanya lagi seberapa besar cinta PKI terhadap tanah air.

Buku ini mengajak kita untuk menguak sistem politik serta ideologi PKI yang selama ini terdistorsi oleh bangsa Barat sehingga beredar di sekitar kita bahwa PKI merupakan sebuah partai yang menjadi musuh negara. Selain itu, pembaca akan diajak bersama-sama membuka tabir yang selama ini terpendam terkait sejarah PKI. 

Peristiwa G30SPKI

Menjelang akhir masa demokrasi Terpimpin, PKI memperoleh kedudukan strategis dalam percaturan politik di Indonesia. Kondisi ini diperoleh berkat kepiawaian Dipa Nusantara Aidit dan tokoh-tokoh PKI lainnya untuk mendekati dan mempengaruhi Presiden Soekamo. Melalui cara ini, PKI berhasil melumpuhkan lawan-lawan politiknya sehingga suatu saat PKI akan dengan mudah dapat melaksanakan cita-cita menjadikan negara Indonesia yang berlandaskan atas paham komunis.
Kendati demikian, PKI belum berhasil melumpuhkan Angkatan Darat yang pimpinannya tetap dipegang para perwira Pancasilais. Bahkan pertentangan antara PKI dan Angkatan Darat semakin meningkat memasuki tahun 1965. PKI melempar desas-desus tentang adanya Dewan jenderal di tubuh AD berdasarkan dokumen Gilchrist. Tuduhan itu dibantah AD dan sebaliknya, AD menuduh PKI akan melakukan perebutan kekuasaan.
PKI menganggap TNI terutama Angkatan Darat merupakan penghalang utama untuk menjadikan Indonesia negara komunis. Oleh karena itu, PKI segera merencanakan tindakan menghabisi para perwira TNI AD yang menghalangi cita-citanya. Setelah segala persiapan dianggap selesai, pada tanggal 30 September 1965 PKI mulai melancarkan gerakan perebutan kekuasaan. Aksi ini dinamai Gerakan 30 September atau G 30 S/PKI. Gerakan ini dipimpin Letkol Untung Sutopo, selaku Komandan Batalyon I Resimen Cakrabirawa.
Pada 1 Oktober 1965 dinihari pasukan pemberontak menyebar ke segenap penjuru Jakarta. Mereka berhasil membunuh dan menculik enam perwira tinggi Angkatan Darat. Enam perwira Angkatan Darat korban keganasan PKI tersebut ialah
1. Letnan Jenderal Ahmad Yani,
2. Mayor Jenderal R. Suprapto,
3. Mayor Jenderal S. Parman,
4. Mayor Jenderal M.T. Haryono,
5. Brigadir Jenderal D.I. Panjaitan, dan
6. Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomihardjo.
Jenderal Abdul Haris Nasution (Menteri Kompartemen/Kepala Staf Angkatan Bersenjata) yang menjadi sasaran utama berhasil meloloskan diri dari upaya penculikan. Akan tetapi, puterinya, Ade Irma Suryani meninggal setelah peluru penculikmenembus tubuhnya. Dalam peristiwa itu tewas pula Lettu Pierre Andreas Tendean, ajudan A.H. Nasution yang dibunuh karena melakukan perlawanan terhadap PKI. Demikian pula Brigadir Polisi Karel Satsuit Tubun yang tewas ketika mengawal rumah Wakil Perdana Menteri(Waperdam) II Dr. J. Leimena, yang rumahnya berdampingan dengan Jenderal A.H. Nasution.
Di perkampungan Lubang Buaya para pemberontak PKI beramai-ramai menyiksa dan membunuh para perwira TNI AD. Mayat-mayat mereka dimasukkan ke dalam sumur kering dengan kedalaman 12 meter. Para pemberontak kemudian menyumbat lubang tersebut dengan sampah dan daun-daun kering.
Bagaimanakah sesungguhnya kejadian saat itu ?
Simaklah penuturan saksi mata peristiwa G 30 S/PKI, Letkol (Purn) Pol. Sukitman yang lolos dari upaya pembunuhan!
Pada 30 September malam dan menjelang dinihari 1 Oktober 1965, saya dengan mengendarai sepeda tengah patroli di Jalan Iskandarsyah, Kebayoran Baru. Tiba-tiba terdengar suara tembakan. Ketika saya cek, saya dihadang pasukan Cakrabirawa. Saya kemudian diseret dan dimasukkan di kabin sebuah bus di samping sopir. Dengan todongan senjata, kedua tangan saya diikat ke belakang, dan kedua mata saya ditutup kain. Saya baru tahu beberapa hari kemudian tembakan itu berasal dari rumah Jenderal D.I. Panjaitan.
Dari bus, saya kemudian diturunkan di sebuah tempat. Dan ketika tutupan mata saya dibuka, masih dalam suasana remang-remang saya melihat di sekitarnya telah penuh dengan pasukan sukarelawan (sukwan) dan sukarelawati (sukwati) Pemuda Rakyat dan Gerwani. Saya kemudian dibawa ke dalam tenda. Di sini saya mendengar kata-kata. Yani wis dipateni (Yani telah dibunuh). Saya juga melihat ada orang yang telentang berlumuran darah, dan ada yang duduk sambil diikat tangan dan ditutup matanya. Kemudian saya ditawan di sebuah rumah, bentuknya seperti sekolah emperan, karena ada bangku-bangku dan papan tulis. Di tempat ini, menjelang matahari terbit, saya menyaksikan satu persatu tawanan itu diseret dan kemudian diceburkan ke sumur, mereka kemudian ditembaki. Tembakan diarahkan dari kepala hingga kaki. Sementara para sukwan dan sukwati dengan bersorak-sorak meneriakkan yel-yel Ganyang Kapbir (kapitalis birokrat) dan Ganyang nekolim.
Saat penyiksaan, saya benar-benar ngeri dan takut. Saya hanya pasrah kepada Tuhan. Saya sendiri tidak tahu, kalau yang disiksa itu para pahlawan revolusi. Waktu itu saya menyangka mereka para kapbir seperti yang disebutkan oleh PKI. Saya juga tidak tahu kalau tempat yang banyak pohon karetnya itu Lubang Buaya.
Di sini, saya juga melihat seorang berbadan pendek dan gemuk terikat tengah diseret-seret dengan todongan senjata. Matanya ditutup. Kemudian orang itu, didudukkan di kursi dan dipaksa untuk menandatangani sesuatu. Tapi ketika orang itu menolak, ia diikat kembali. Kemudian diseret dan diceburkan ke sumur, untuk kemudian ditembaki seperti yang dialami rekan-rekannya. Saya baru tahu kemudian, orang itu adalah Jenderal S. Parman. Setelah semua korban dimasukkan ke sumur, kira-kira pukul 08.00 pagi, para sukwan dan Sukwati beramai-ramai menutupi sumur dengan sampah dan daun pohon yang telah kering. Saya kemudian dipanggil Lettu Dul Arif dan Letnan Siman, keduanya dari Cakrabirawa yang menjadi komandan penculikan para jenderal. Lettu Dul Arif mengembalikan senjata saya, carabine jungle yang sudah patah kayunya.
Pada sore hari, saya dibawa Lettu Dul Arif ke sebuah lapangan di Halim Perdanakusuma, dekat Penas. Kemudian saya bersama Iskak, sopir Lettu Dul Arif mengambil nasi ke suatu tempat dekat markas provost AURI. Kemudian kembali iagi ke daerah Halim untuk membagi-bagikan nasi. Di sini saya tertidur sampai pagi.
Pada 2 Oktober 1965, saya melihat satuan-satuan Cakrabirawa telah berganti pakaiannya. Bila sebelumnya mereka memakai jaket dan seragam coklat, kini loreng-loreng. Pada sore hari, saya berada sendirian, karena lelah saya berteduh di bawah kolong bus dan kemudian tertidur. Dalam keadaan sadar tidak sadar, kemudian saya mendengar suara-suara tembakan. Mendengar tembakan, pasukan yang dipimpin oleh Dul Arif lari kocar-kacir menggunakan truk-truk dan saya ditinggalkan sendirian. Saya menganggap kejadian ini sebagai mukjizat dari Allah swt. Bagaimana jadinya kalau saya tidak tidur, dan ikut bersama dengan pasukan pemberontak. Atau mereka menembak mati saya terlebih dahulu.
Setelah berhasil membunuh beberapa perwira TNI AD, PKI mampu menguasai dua sarana komunikasi vital, yaitu studio RRI di Jalan Merdeka Barat dan Kantor Telekomunikasi yang terletak di Jalan Merdeka Selatan. Melalui RRI, PKI menyiarkan pengumuman tentang Gerakan 30 September yang ditujukan kepada para perwira tinggi anggota “Dewan Jenderal” yang akan mengadakan kudeta terhadap pemerintah. Diumumkan pula terbentuknya “Dewan Revolusi” yang diketuai oleh Letkol Untung Sutopo.
Di Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta, PKI melakukan pembunuhan terhadap Kolonel Katamso (Komandan Korem 072/Yogyakarta) dan Letnan Kolonel Sugiyono (Kepala Staf Korem 072/Yogyakarta). Mereka diculik PKI pada sorehari 1 Oktober 1965. Kedua perwira ini dibunuh karena secara tegas menolak berhubungan dengan Dewan Revolusi.

Tentang Lambang PKI

Lambang "sakral" (sebenarnya kurang tepat jika dikatakan lambang PKI, tapi harusnya lambang komunis, karna negara komunis lainya juga menggunakan lambang ini, bukan hanya PKI ) ini membuat sebagian orang yang melihat merinding melihatnya maupun mendengarnya, teringat "sejarah" masa lalu yang kelam PKI dipelajaran sekolah waktu duduk di bangku SD. Puncak-puncaknya pada masa pemerintahan Soeharto.

Ane teringat dulu ada yang bilang:
"huss.. jangan bawa gambar nanti ditangkap/diculik/dibunuh loh?"
dan apabila ada gambar tokoh yang dibenci terutama tokoh politik dicoret logo tersebut diatasnya yang menandakan penghinaan sebesar-besarnya (maksud yang mencoret), bahkan ada yang mengidentikkan lambang palu arit ini ibarat senjata tajam yang mencerminkan kekejaman, kekerasan dan merah ibarat kekuasaan dan pertumpahan darah???

Tapi selama ini apakah anda tahu maksud sebenarnya dari lambang di atas
Lambang palu dan sabit yang menjadi simbol dari komunis memiliki sejarah yang tidak ada hubungannya dengan komunisme. Simbol palu mewakili para buruh dan sabit mewakiti para petani. Setelah revolusi industri di Eropa, kaum buruh dan petani semakin terpinggirkan dan tertindas. Simbol palu dan sabit yang menyilang muncul sebagai bentuk pengkomunikasian bersatunya kaum buruh dan petani dalam revolusi Bolshevik tahun 1917 di Rusia. Di tahun-tahun berikutnya, lambang palu dan sabit menjadi simbol pemberontakan, bahkan sampai sekarang.

Revolusi para pekerja yang tergolong kalangan bawah tersebut mengundang perhatian dunia. Mereka yang menyepelekan kaum pekerja tidak mengira akan kekuatan yang dimiliki oleh persatuan kaum buruh dan petani. Pihak komunis-sosialis, yang sebelumnya menggunakan bendera merah atau sering dikenal dengan tentara merah, memanfaatkan simbol pekerja tersebut sebagai lambang bendera partai komunis. Tahun 1922 penggunaan lambang palu dan sabit menyilang dengan latar belakang merah diresmikan menjadi bendera komunis di seluruh dunia.

Simbol merupakan kode untuk berkomunikasi atau pertukaran informasi dalam interaksi sosial. Dari uraian diatas, simbol muncul dalam bentuk lambang palu dan sabit, berupa artefak bendera, atribut, dan lainnya. Peran Artefak dalam Pertukaran Informasi yaitu:
-Sebagai simbol wilayah kekuasaan & sosial
-Sebagai simbol penguat kesatuan etnik
-Sebagai simbol pemeliharaan dan penguatan jaringan pencarian pasangan hidup
-Sebagai simbol penguatan hubungan antar masyarakat
-Sebagai simbol kedudukan struktural

Pada awalnya, para buruh dan petani menyampaikan eksistensi mereka dalam revolusi melalui simbol palu dan sabit. Simbol ini kemudian menjadi identitas para pekerja kasar sebagai solidaritas, pemersatu dan penguat hubungan antar masyarakat. Apabila revolusi yang dilakukan tidak memunculkan simbol, maka akan sulit untuk menunjukkan keberadaan kaum buruh dan petani di mata dunia, serta sulit untuk menggerakkan kaum pekerja yang lain. Dengan demikian simbol palu dan sabit memiliki arti penting dalam penyampaian pesan revolusi.

Besarnya pengaruh revolusi palu dan sabit mengakibatkan orang mengidentikkan lambang palu dan sabit sebagai simbol pemberontakan. Dalam perkembangannya, simbol palu dan sabit tidak hanya digunakan oleh kaum pekerja tapi juga kaum borjuis (pelajar) saat menolak kebijakan pemerintah. Simbol ini juga digunakan oleh kaum sosialis yang menjunjung tinggi kesetaraan status.

Tahun 1922, tentara merah meresmikan simbol palu dan arit yang menyilang dimasukkan ke dalam lambang bendera partai politiknya. Lambang ini memiliki makna bahwa partai komunis menjunjung tinggi para pekerja kasar. Dari sini diharapkan pendukung partai dapat dihimpun dari para buruh dan petani yang cenderung memiliki massa lebih banyak.
Simbol palu dan sabit berubah fungsi dan makna sesuai dengan perkembangan jaman. Makna yang semula dikomunikasikan melalui simbol palu dan sabit berubah interpretasinya sesuai dengan kondisi jaman dan pengalaman sejarah.

Di Indonesia, sejak peristiwa G 30 S PKI, simbol palu dan sabit menjadi tabu karena diinterpretasikan dengan komunis yang ingin menghancurkan Indonesia dari dalam. Namun setelah lengsernya pemerintahan orde baru, simbol palu dan sabit mulai bermunculan lagi dalam berbagai bentuk dan lambang. Interpretasi orang saat ini bisa beraneka macam terhadap simbol tersebut. Ada yang mengartikan sebagai penganut komunis, penganut sosialis, lambang revolusi, bentuk protes terhadap pemerintahan, dan lainnya. Semua makna tidak salah, kembali ke pengertian simbol yang memiliki banyak arti, dan hanya dipahami oleh manusia, sehingga yang bersangkutan dituntun untuk memahami objek untuk mengetahui makna yang terkandung dalam simbol tersebut.

Link :

http://klikbelajar.com/pengetahuan-sosial/peristiwa-g-30-spki-1965/
http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/01/arti-lambang-komunis.html

62 komentar:

  1. Infonya cukup bermanfaat banget gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. DALAM TEORINYA...
      Memang partai Komunis sangat menjunjung tinggi kaum Buruh dan Petani.

      TAPI.... DALAM PRAKTEKNYA...
      Partai Komunis sangat memBantai Kaum Buruh dan Petani...

      Contoh: Korea Selatan, China, Rusia, Vietnam dan negara Komunis lainnya.

      .

      Hapus
    2. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus Atau KLIK DISINI

      Hapus
  2. wow..sejarah PKI yang sangat lengkap...merinding baca nya ketika baca adegan penyiksaan...brutal..tp apakah itu benar 100%? cuma Tuhan yang tahu....

    BalasHapus
  3. Halllo, numpang untuk nambah backlink di sini ya !!

    Setelah saya menyimak ternyata info-infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya

    Thanks



    BalasHapus
  4. ORANG YG BERCERITA INI PASTI ADALAH SALAH SATU ANGGOTA PKI !!!
    SEMUA YG DIA CERITAKAN BENAR,, NAMUN DALAM CERITA TERSEBUT DIA MEMERANKAN DIRINYA SEBAGAI PEMBERONTAK ,, PADAHAL PERAN DIA DIKISAH NYATA ADALAH ANGGOTA PKI !
    MUSTAHIL DIA BISA SELAMAT . DAN MUSTAHIL YG LAIN DITEMBAK DIDEPAN MATANYA DAN KENAPA DIA TIDAK. DAN MUSTAHIL DIA DISURU MEMBAGIKAN NASI,, DAN DICERITA TERSEBUT DIA BILANG DIA DISURU MEMBAGIKAN NASI DIHALIM PERDANA KUSUMA DAN DIA JUGA BERCERITA DIA BISA BERSITIRAHAT BAHKAN TIDUR DGN NYAMAN,, SEDANGKAN RAKYAT LAIN DALAM KECAMAN NERAKA. ARTINYA DIA SALAH SATU ANGGOTA PKI. DIA TERJEBAK DENGAN CERITANYA SENDIRI. DAN DISINI DIA BERMAKSUD MEMBERI TAHU KEHEBATAN MEREKA SEBAGAI PKI DIJAMAN ITU. DASAR PKI !!!!! TEMBAK MATI SAJA JIKA KAU TERTANGKAP. HARAP2 CEMAS !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak bacot luu , pecahin pala lu ntar

      Hapus
    2. wah ada Aidit.. kita bantai yuks...

      Hapus
    3. uda peristiwa jaman dulu, yg berlalu biarlah berlalu..lu aja mgkn belum lahir, jgn mewarisi kebencian n dendam coy..

      Hapus
    4. INGAT PESAN BUNG KARNO "JAS MERAH"

      Hapus
  5. maksi info nya gan, sangat bermanfaat

    kunjungin blog ane ya
    http://osela98.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. gw suka ideologi & nasionalisnya...!!! Keren..!!

    BalasHapus
  7. bagaimana pancasila bisa hidup sampai saat ini ???? ,,, bayangkan bagaimana jika palu arit lambang komunis russia ada di istana negara ri ???? ,,, jangan datang atau titip salam !!!!!!!! jangan di ulangi lagi ,,, cukup sejarah untuk jadi suri tauladan ,, INDONESIA jadilah NEGARA & BANGSA YANG BER-ADAB DAN BUKAN MENDAPAT AZAB ,,,

    BalasHapus
  8. Jikalau kita hanya ingin mencari siapa yang salah dan benar disaat sekarang rasanya tak mungkin .Biarlah sejarah berbicara sementara kita memilah yang terbaik buat masa depan bangsa dan anakn cucu kita, agar tak terulang tragedi sejarah sperti itu.

    BalasHapus
  9. Menarik dan bermanfaat.
    Kita beridiologi PANCASILAISME.
    Rumusan butir2 pancasila beberapanya diambil dari dasar2 paham komunisme dan Anarkisme (Comunis Anarchst),terutama dalam butir2 yang tercantum di sila "KEADILAN BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA".

    Saya fikir musuh terbesar yang dihadapi bangsa ini adalah sama dengan musuh2 kaum komunis,anarkis,dan pancasilais..yaitu KAPITALISME...semestinya kita bersatu untuk kedamaian tanah tumpah darah tercinta..


    BalasHapus
  10. pemutar balikan fakta sejarah!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudmu memutarkan balikan fakta gmn klu km tau coba cerita yg sebenarnya jangan kata orang yg kmu denger.

      Hapus
  11. Bagi yang kurang paham jangan banyak bacot. Dan artikel ini memutar balikan fakta sejarah.

    BalasHapus
  12. pembelokan sejarah yg super rapi

    BalasHapus
  13. G30S peristiwa itu hanya masalah internal AD

    BalasHapus
  14. komunis.....itu kan isme bagaimana cara kita menyikapinya

    BalasHapus
  15. perbedaan pandangan boleh...yg g boleh itu saling membunuh..ideologi apapun silahkan dianut..komunis dan liberal adalah dua hal yang berbeda jd wajar jika saling menyerang..tp ingat pendukung kaum kapitalis sejauh apa kalian akan memperkaya diri sendiri... suarakan anti kapitalis..

    BalasHapus
  16. harga mati, tapi dah dinego ama pemerintah.. piye iki?

    BalasHapus
  17. sejarah... sejarah, itu pentingnya belajar sejarah agar kita tahu masa lalu.

    BalasHapus
  18. Sy cuma bisa baca dan menganalisa tp tak ingin memvonis apakah ini fakta atau bkn ttg alur cerita yg di atas mgenai pmberontakan pki..

    BalasHapus
  19. saya cuman mau menambahkan dari beberapa buku yang saya baca komunis di indonesia berbeda definisi dan beberapa tujuan subyek dengan komunis rusia,china,vietnam, kronologis pki memiliki problem intenal dengan AD dan UN dijadikan tameng oleh AD untuk menahan krisuh PKI jadi karna informasi pada jaman dulu tidak secanggih sekarang jadi banyak orang yang hanya termakan cerita sana sini yang dan beranggapan sama padahal banyak keganjilan pada peristiwa G30S ini , apa benar pki yang membantai 7 jendral? atau pihak yg mengatas namakan pki yang membunuh 7 jendral? karna ke tujuh jendral dalam beberapa buku tidak memberontak saat akan di culik, dan setelah itu kader kader pki dan anggota pki di bunuh,tembak mati tanpa di adili dalam proses pengadilan kalau memang mereka benar mereka bersalah sepenuhnya. masih banyak tanda tanya apa saja rahasia di balik tragedi G30S dan ORDE BARU.

    BalasHapus
  20. Orang indonesia sudah terkena propaganda rezim orde baru.. Sehingga menyangkut pautkan komunis dengan agama.. Ada yang bilang komunis itu anti agama dan tidak percaya tuhan.. Hahaha dalam hati kecil gw ketawa.. Komunis itu adalah ideologi bukan kepercayaan

    BalasHapus
  21. Ideologi nya sangat melawan koruptor...top..top

    BalasHapus
  22. Goblok, dah jelas seluruh tetua di kampung saya di banyuwangi sana dibantai sama pki, dibakar hidup2 di masjid, boleh cek kalau ndak percaya, intinya pki itu kudeta, mau menjadikan bangsa ini negara komunis terbesar,

    BalasHapus
  23. kurangnya pemerintah memberikan pelajaran tentang nasionalisme di pendidikan, seharusnya pelajaran ini di wajibkan di pendidikan manapun supaya kelak keturunan Indonesia lebih mengenal Indonesia dan mencintainya. karena acara2 sekarang tidak jelas, ketidaktahuan kita terhadap sejarah menjadi problematika yang tak ada ujungnya. seharusnya pemerintah lebih terbuka mengenai ini

    BalasHapus
  24. kapitalisme berawajah nkri.

    negara tercintaku kini di duduki oleh dewan berhati kapitalis.

    the bad always take the first step. the good always win the last step.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Saya masih ngejanggal,, ada yang mengtakan PKI itu salah sehingga munculah G30S,,, namun ada pula yang mengatakan G30S ini salah Paham atas PKI. Realitynya masyarakat sampai sekarang membenci PKI karna Film penghianatan G30S/PKI itu, bahkan sampai sekarang mereka yg turut serta dalam pembantaian dan pembunuhan dlam tragedi 1965 itu bangga dan tetap menjadi sosok seseorang yg d segani dan di takuti oleh masrakat lain. Dan benarkah anak cucu dari semua anggota yang ikut PKI di jmn dhulu, tidak bisa menjabat sebagai anggota pemerintahan di RI ini.

    BalasHapus
  27. Terima kasih telah memberikan pengetahuan yang berharga.

    BalasHapus
  28. Pengetahuan yang luar biasa nich

    BalasHapus
  29. Kekejaman PKI adalah bukti sejarah

    BalasHapus
  30. PKI adalah musuh utama bangsa kita

    BalasHapus
  31. Darah pahlawan jendral dan lubang buaya adalah saksi dari kebiadaban PKI

    BalasHapus
  32. bermanfaat banget buat saya gan. thx info nya

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    BalasHapus
  35. Admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indonesia
    banyak kejutan menanti para temen sekalian
    cuma di sini agent judi online dengan proses cepat kurang dari 2 menit :)
    ayo segera bergabung di fansbetting atau add WA :+855963156245^_^
    F4ns Bett1ng agen judi online aman dan terpercaya
    Jangan ragu, menang berapa pun pasti kami proseskan..
    F4ns Bett1ng

    "JUDI ONLINE|TOGEL ONLINE|TEMBAK IKAN|CASINO|JUDI BOLA|SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWw.F4ns Bett1ng.COM

    DAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855963156245^_^

    BalasHapus
  36. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus