Cara Praktis Mendatangkan Pengunjung Blog Tanpa Blogwalking

Banyak blogger atau newbie (istilah untuk blogger pemula) merasa gagal menemukan cara meningkatkan traffic pengunjung ke situs mereka. Saat mereka dapat menciptakan sebuah blog timbul perasaan senang dan bangga dalam hati. Sebab mereka sudah mempunyai situs pribadi yang akan di kunjungi oleh banyak orang. Sehingga kebanyakan newbie juga berharap situs yang mereka buat dapat bermanfaat bagi orang banyak dan bagi dirinya.

Setiap hari mereka melakukan perubahan pada tampilan agar dapat memberikan tampilan blog yang menarik, keren = cool, dan nyaman di mata. Kebanyakan newbie juga memanfaatkan script HTML/Javascript dari pihak ketiga untuk menambah tool dan widget agar tampilan blog lebih baik. Hampir tiap hari pula mereka rajin mempublikasikan artikel orisinil maupun artikel dari hasil copy paste (copas).

Banyak newbie mempunyai semangat yang tinggi dalam kegiatan blogging. Namun setelah beberapa bulan ternyata blog mereka sepi pengunjung, akhirnya mereka mulai merasa bosan. Bahkan barangkali juga blog mereka nyaris tidak ada pengunjung. Jadi pada saat seperti itulah mereka mulai lelah karena merasa situs yang mereka ciptakan tidak bermanfaat. Sepertinya usaha yang selama ini dilakukan sia-sia.

Saya salut dengan teman-teman newbie yang rajin melakukan kegiatan blogwalking. Melalui cara ini meraka meninggalkan jajak agar mendapatkan kunjungan balik dari sesama blogger. Metoda mendatangkan pengunjung dengan cara blogwalking telah saya coba. Bahkan hampir tiap hari saya melakukannya. Pada saat saya rajin melakukan blogwalking banyak pengunjung yang datang. Namun jika saya lagi malas dan tidak melakukan blogwalking maka situs saya tidak ada pengunjung yang datang.

Menurut saya cara mendatangkan pengunjung melalui metode blogwalking sangat melelahkan dan kurang efektif. Mengapa saya berkata seperti ini? Karena saya telah membuktikannya. Selain itu, counter visitor Histats.com juga membuktikan bahwa metodae ini tidak efektif. Karena widget Histat yang saya pasang di sidebarbagian bawah, memberikan informasi data pengunjung yang lengkap.

Informasi yang saya peroleh dari penggunaan widget ini adalah data pengunjung. Tool ini memberikan data jumlah pengunjung yang datang hari ini, kemarin, seminggu, bahkan sebulan yang lalu. Selain itu juga memberikan data dari manakah pengunjung datang. Yang saya anggap cukup penting dari informasi widget ini adalah berapa lama pengunjung datang (laporan dalam rata-rata). Saat saya sering melakukan aktivitas blogwalking, rata-rata pengunjung yang datang ke situs saya kurang dari 1 menit.

Berdasarkan laporan tersebut, saya menganalisa bahwa pengunjung yang datang hanya memberikan kunjungan balik, lalu mencari shoutbox untuk meninggalkan jejaknya. Artinya mereka berkunjung hanya untuk memberikan umpan balik tanpa membaca artikel yang kita buat. Memang tidak semua newbie melakukan demikian. Tetapi kebanyakan memang seperti itu.

Berhubung kegiatan semacam ini terasa sangat membosankan dan cukup banyak menyita waktu. Akhirnya saya berusaha mencari metode atau cara yang lebih praktis. Beberapa waktu yang lalu saya pernah mengulas perbedaan blogger dengan webmaster dan diulas secara lengkap di sini. Dari perbedaan inilah saya rajin membuat artikel yang unik, khas, dan orisinil. Karena saya mengira bahwa blog bukan web dinamis tetapi web yang bersifat statis.

Saya menganggap teknik SEO yang paling baik untuk blogger adalah membuat tulisan yang bermanfaat dan informatif. Dengan membuat artikel yang baik maka situs kita akan banyak ditemukan oleh pengunjung. Karena setiap tulisan yang dianggap unik oleh google akan memperolah posisi yang baik juga di mesin pencari.

Berbeda dengan webmaster yang sudah sangat ahli dalam dunia pemrograman web, karena mereka dapat menciptakan web yang bersifat dinamis maka pasti banyak pengunjung yang datang karena web mereka sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang.


Jadi jalan terbaik bagi kita sebagai blogger ataupun newbie adalah membuat content post yang banyak. Tapi ingat jangan asal nulis, sebaiknya anda membaca tips cara menulis yang baik di blog. Karena jika tidak maka artikel yang Anda tulis tidak akan mempunyai posisi yang strategis di mesin pencari. Selain itu Anda juga perlu mencari kata kunci yang baik untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs.

6 komentar:

  1. Betulll.... postingnya mantabs, blogwalking klo menurutkan sebagai ajang berteman antar bloger, klo mau meningkatkan trafik ya harus rajin posting yang tentunya harus orisinil, dengan banyak membaca wacana kita akan bertambah.
    Satu lagi, berkomentar setelah membaca posting itu juga lebih mantabs. Salam kenal yau ....
    Happy Days 4U

    BalasHapus
  2. hehehe,,
    thx bgt,
    gra2 bc artikel ini, saya jd tahu posisi kita sbg blogger, yaitu meningkatkan kualitas blog, bukan popularitas nya. Karena semakin tinggi kualitas blog, popularitas nya akan pasti akan naik pula secara otomatis.

    happy new year..
    :D

    BalasHapus
  3. memang seperti itu nampaknya, harus lebih sabar kali ya.

    BalasHapus
  4. aq juga gak pernah cuma singgah di blog teman kalo mau ninggalin jejak aja.biasanya aq baca artikel2nya dulu...klo tertarik,pst jd lama singgahnya...

    BalasHapus
  5. Memberi tanggapan atas komentar pengunjung juga efektif lho mendatangkan kunjungan balik karena bisa menjalin hubungan personal dengan pengunjung lain. Akan maksimal klo dikombinasikan dengan blog comenting.

    BalasHapus