Meningkatkan Traffic Pengunjung Menggunakan Dua Jenis Kata Kunci

SEO merupakan suatu cara yang digunakan seorang blogger atau webmaster agar situsnya dapat memperoleh posisi yang baik di mesin pencari. Seringkali banyak orang merasa kesulitan meningkatkan traffic pengunjung blog tanpa teknik SEO yang baik. Memang teknik ini sangat bermanfaat mendatangkan jumlah pengunjung yang banyak. Namun untuk menjalankan teknik ini tidak semudah kita membuat mie rebus instant.

Perlu diketahui bahwa posisi situs blogger yang sudah tua, blogger yang tercipta di tahun 2004 berbeda dengan posisi situs blogger pemula yaitu blog yang tercipta di tahun 2008. Meskipun blogger tua belum menggunakan teknik SEO tetapi mereka mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari,
karena pada saat itu masih sedikit yang membuat blog. Pada saat itu masih sedikit saingan, sehingga posisi kata kunci yang tanpa sadar mereka ciptakan dapat menempati posisi yang baik di mesin pencari.

Kita sebagai blogger pemula tidak cukup hanya mengandalkan tulisan atau artikel yang dipublikasikan di blog. Kita harus berusaha mencari kata kunci yang tepat sasaran agar blog kita mendapat posisi yang baik dan mengalahkan posisi blog tua di mesin pencari. Cara kuno yang digunakan blog tua sudah tidak ada artinya jika kita terapkan saat ini. Karena saat ini untuk memperoleh posisi yang baik di mesin pencari sudah banyak saingan. Jadi kita harus melancarkan teknik SEO.

Salah satu teknik Search Engine Optimation (SEO) adalah menentukan kata kunci yang tepat dan kata kuci yang banyak di cari orang. Berdasarkan pembelajaran yang saya dapatkan dari kebiasaan nGeblog beberapa bulan ini, saya memperoleh sedikit gambaran tentang teknik SEO sederhana yang saya praktekan dalam meningkatkan jumlah pengunjung melalui tembak kata kunci.

Dari pengalaman ini saya memperoleh dua jenis kata kunci yang dapat digunakan, yaitu:
  1. Kata Kunci Permanen : Apabila kita akan menggunakan kata kunci permanen maka kita harus berusaha mencari tema artikel yang bersifat tahan lama dan selalu dibutuhkan banyak orang. Misalnya: artikel ilmiah, contoh pembelajaran, tutorial, tips dan trick, inspirasi, dan lain sebagainya.
  2. Kata Kunci Temporer : Apabila kita akan menggunakan kata kunci tidak permanen atau yang bersifat sementara maka kata kunci yang Anda gunakan tentunya yang saat ini lagi tren dibicarakan orang. Misalnya: gosip selebriti, informasi/berita terkini, lirik dan video klip lagu yang saat ini sedang hits, dan lain sebagainya.
Saya akan sedikit memberikan pertimbangan sebelum Anda memutuskan akan memanfaatkan jenis kata kunci yang manakah yang akan Anda gunakan.

Jika Anda berniat menembak kata kunci yang bersifat permanen maka Anda harus memikirkan jumlah saingan dan page rank blog Anda. Karena kata kunci jenis ini biasanya sudah dikuasai oleh blog tua dan yang sudah mempunyai page rank tinggi. Sebagai contoh, hari ini anda sedang ingin membuat artikel dengan tema 'tips membuat blog'. Sebaiknya Anda masukan kata kunci tersebut di mesin pencari, lalu lihat ada berapa jumlah saingannya. Jika Anda mengabaikan langkah ini maka artikel anda publikasikan tetap akan terindek di mesin pencari tetapi dengan posisi yang sangat buruk.

Tembak kata kunci temporer sebenarnya lebih mudah. Syarat terpenting dalam menjalankan langkah ini hanya satu, Anda harus lebih dahulu mendapatkan info terkini, gosip terbaru, atau lagu yang sedang hits. Sebab jika Anda terlambat maka kata kunci yang Anda bidik juga akan menempati posisi yang tidak baik di mesin pencari.

Sedikit saran dari saya buat blogger pemula:
  1. Tulisan apapun yang akan atau telah kita publikasikan di blog pasti terindek di mesin pencari. Semakin cerdas kita menembak kata kunci, semakin baik posisi blog kita di mesin pencari.
  2. Jangan patah semangat dalam membuat tulisan meskipun kata kunci yang anda bidik dalam artikel yang anda tulis belum menempati posisi yang baik di mesin pencari. Berdasarkan pengalaman saya, semua paragraf, semua kalimat, semua frase, dan semua kata yang saya publikasikan tetap terindek dimesin pencari. Terkadang frase kata yang tidak saya bidik sebagai kata kunci justru mendatangkan pengunjung.
  3. Buat tulisan dalam kalimat yang orisinil, meskipun idenya hampir sama dengan blog lain tetapi selalu usahakan membuat susunan kalimat yang berbeda.

3 komentar:

  1. Oke Bos.. siap laksanakan perintah!
    Thank bt Informasinya Tentang SEO, sangat membantu untuk menaikkan/ meningkatkan traffic blog.

    BalasHapus
  2. sip...sip....
    maju terus abang n mbak,hehehe

    BalasHapus