Haid, Penyebab dan Cara Mengetahui Siklus Haid Normal

Tentang menstruasi - haid normal

Setiap wanita harus tahu tentang
haid dan siklus haid. Temukan fakta-fakta tentang haid normal termasuk ketika Anda mengharapkan untuk periode pertama, apa yang terjadi selama haid, apa yang harus Anda tahu tentang produk perlindungan, kebersihan pribadi, dan hal penting lainnya.

Apakah haid?
Haid adalah siklus (= putaran) terjadinya pendarahan yang terjadi mendekati masa remaja pada perempuan. Biasanya, periode pertama terjadi sekitar usia 12 atau 13. Namun, beberapa anak perempuan mulai mengalami masa haid pada usia 8 atau 9 tahun, sedangkan yang lain mungkin lebih lama, sekitar umur 15 atau 16 tahun. Jika haid tidak terjadi pada saat seorang gadis sudah mencapai usia 16, sebaiknya ia segera menghubungi dokter untuk evaluasi. Haid biasanya dimulai sekitar 2 1 / 2 tahun setelah payudara gadis mulai berkembang, dan berkenaan dengan perkembangan pinggang dan rambut di sekitar vagina.

Setelah
haid dimulai, maka haid terus berlangsung sampai menaupose (= mati haid) saat seorang perempuan berusia sekitar 50 tahun saat siklus haid berhenti. Haid juga akan berhenti sementara selama terjadi kehamilan. Hormonal kontrasepsi juga menghentikan haid normal dan dapat digunakan untuk menghentikan selamanya atau sampai kehamilan yang diinginkan. Jika haid tidak terjadi untuk alasan lainnya, berarti ada gangguan siklus menstruasi.

Sebagian besar gadis atau wanita mempunyai
siklus haid yang dapat diprediksikan terjadinya dan tanpa masalah. Namun, jika sesuatu tidak berjalan baik - bila Anda mengalami pendarahan berat atau berlebihan, bila masa haid tidak diharapkan terjadi saat ini, bila ada gejala fisik atau emosi selama bulan sebelum haid, atau jika Anda mengalami sakit atau gejala lainnya - Anda memiliki gangguan siklus haid. Penyebab haid tidak lancar dapat disebabkan oleh faktor stres, sakit, olahraga, makanan dan nutrisi, bekerja, keluarga, dan masalah relasi.

Apa yang menyebabkan siklus haid = menstruasi?

Sistem kelenjar
endokrin menghasilkan hormon yang bekerja sama dengan organ reproduksi yang mengakibatkan haid dan siklus haid ketika pembuahan pada sel telur tidak terjadi. Sistem kelenjar endokrin menghasilkan hormon yang mengatur berbagai fungsi tubuh seperti tingkat gula darah, metabolisme, dan reproduksi.Cara mengetahui haid normal

Rata-rata
siklus haid adalah 28 hari dan rata-rata wanita haid sekitar lima sampai tujuh hari pada setiap siklus. Hari pertama atau Hari 1, dari siklus haid adalah hari pertama setiap pendarahan terjadi, meskipun hanya spotting. Sebaiknya Anda menggunakan kalender untuk melacak siklus haid Anda. Melacak waktu dan gejala yang terjadi selama siklus haid dapat membantu dokter Anda untuk mendiagnosa masalah yang mungkin terjadi.Tips berkenaan dengan haid dan sebaiknya anda segera mengkonsultasikan pada dokter jika :

1. Memiliki siklus haid tidak teratur, banyak, atau jenis perdarahan tidak normal
2. Mengalami kram parah selama haid yang tidak sembuh oleh obat, atau mengalami sakit panggul yang tidak terkait dengan haid
3. Tidak memiliki periode
4. Memiliki siklus haid yang kurang dari 21 hari, atau lebih dari 35 hari
5. Segala sesuatu tentang masa, atau siklus haid, yang tidak normal

11 komentar:

  1. aku pernah haid sebln 2x.jarak hari siklus ke2 cuma 6hari.aku bingung,kalo kaya gitu gmn cara ngitung siklus haid nya ya?

    BalasHapus
  2. saya selalu mengalami haid 2 bukan 1 kali?
    apa hal itu bsa menghanbat...saya untuk punya anak jka nikah klak,,,saya takut sekali

    BalasHapus
  3. lama haid saya cuma 3 hari saja...apa itu normal

    BalasHapus
  4. Seperti yg disebutkan diatas, lama haid sekitar 5-7 hari, bagaimana dgn yg dibawah 5 hari(misal 3 hari) atau yg diatas 7 hari (misal kira2 2 minggu) ??? Apa itu masalah atau wajar2 saja?

    BalasHapus
  5. Aqw aja dech24 Mei 2011 18.22

    Klo saya haid cm 3 hari dan berbeda saat waktu sblm nikah haidnya msh sekitar 7-10 hari..knapa bisa demikian apa penyebabbnya? n normalkah?

    BalasHapus
  6. aku haidnya tidak pernah lancar,, kadang sampe dua bulan tidak haid baru haid lagi itu knpa ea,,,pa mungkin aku nyg tll sibuk ato setressss, gimana dong aku bingung???????????

    BalasHapus
  7. mestruasi normalnya terjadi paling sedikit satu hari dan paling lama 15 hari..
    namun pada umumnya menstruasi terjadi selama lima sampai tujuh hari..

    BalasHapus
  8. kalo aku menstruasi lancar per bulan,, tapi ketika mens kadang berhenti, selang 1 atau 2 hari keluar lagi.. biasanya hari ke 15 juga keluar, tapi cuma sehari itu aja.. kenapa yaa?? q dah 2 thn belum punya anak...

    BalasHapus
  9. sya bingung, haidnya hnya 3hr tpi kok flek nya lama yaa,,ap itu masalah???

    BalasHapus
  10. saya berusia 24 tahun dan belum menikah. masa haid saya bulan ini hanya berjarak 20 hari dari siklus haid bulan kemaren. selama ini jarak nya 28 hari. apakah itu normal?
    mohon info nya....
    trim's.

    BalasHapus
  11. saya baru haid saat berusia 15 tahun. setiap bulannya saya mengalami 2x haid. saya takut, gimana cara memperlancarnya ya ?

    BalasHapus