Mengapa Haid Tidak Teratur? Penyebab dan Solusinya

Idealnya, siklus haid teratur setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode haid. Dengan siklus haid yang normal, secara fisiologis menggambarkan, organ reproduksi ibu cenderung sehat dan tak bermasalah. Sistem hormonalnya baik, ditunjukkan dengan sel telur yang terus diproduksi dan siklus haidnya teratur. Intinya, secara kasat mata ibu diyakini dalam kondisi sehat. Sehingga, dengan siklus normal ini, ibu akan lebih mudah mendapatkan kehamilan, menata rutinitas, menghitung masa subur, dan lainnya.Pada kenyataannya, tak semua perempuan memiliki siklus haid yang normal. Banyak di antara mereka yang siklus haidnya tidak teratur, yakni siklusnya tidak memiliki pola tertentu. Mungkin pada awalnya siklus haid lebih dari 35 hari, namun kemudian akan timbul perdarahan haid di luar siklus haid normal. Misal,
siklusnya semula 35-40 hari tetapi bulan berikutnya bisa tidak haid selama 3 bulan. Di sisi lain, ada pula yang dalam sebulan bisa mengalami haid lebih dari sekali. Contoh, bulan ini haid terjadi tanggal 10, kemudian datang lagi pada tanggal 25 di bulan yang sama. Haid yang berlangsung kurang dari 21 hari dikategorikan siklus pendek.
Baik siklus pendek maupun panjang, sama-sama menunjukkan ketidakberesan pada sistem metabolisme dan hormonal. Dampaknya pun sama, yaitu jadi lebih sulit hamil. Pada siklus pendek, ibu mengalami “unovulasi” karena sel telur tidak terlalu matang sehingga sulit untuk dibuahi. Pada siklus panjang, hal ini menandakan sel telur jarang sekali diproduksi atau ibu mengalami ketidaksuburan yang cukup panjang. Jika sel telur jarang diproduksi berarti pembuahan akan sangat jarang terjadi. Padahal, haid merupakan tanda kalau ibu sedang subur.

Ketidakteraturan haid ini pun membuat ibu sulit mencari kapan masa subur dan tidak. Seharusnya, jika haid teratur, masa subur dapat ditemukan dengan mudah. Contoh, jika siklusnya 30 hari, maka masa subur diperkirakan 16 hari setelah hari pertama haid. Berbeda dengan siklus panjang dan pendek, sulit sekali menghitung masa subur karena tak ada rumus yang dapat digunakan.
Namun begitu, ibu tak perlu berkecil hati. Sebab, dengan kecanggihan pengobatan modern, hal ini bisa diatasi. Nanti dokter akan membantu ibu mencari apa penyebabnya, untuk kemudian diberikan solusinya yang tepat. Tentu diperlukan kerja sama yang lebih intens antara ibu dan pasangan dengan dokter. Mudah-mudahan dengan terapi yang dilakukan bisa membuat ibu segera hamil.
RAGAM Penyebab & Solusinya
Banyak penyebab kenapa siklus haid menjadi panjang atau sebaliknya, pendek. Namun, penanganan kasus dengan siklus haid yang tidak normal, tak berdasarkan kepada panjang atau pendeknya sebuah siklus haid, melainkan berdasarkan kelainan yang dijumpai. Penanganan dilakukan oleh dokter berdasarkan penyebabnya.
* Fungsi Hormon Terganggu
Haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.
Penanganan:
Jika terdapat kekurangan hormon, maka dapat ditambahkan hormon yang kurang tersebut (misal, kekurangan hormon estrogen, maka dapat ditambahkan hormon estrogen). Jika terdapat hormon yang berlebih, maka dilakukan pemberian obat tertentu sehingga kadar hormon kembali normal (misal, kadar hormon prolaktin yang berlebih dapat dikurangi dengan pemberian obat tertentu). Jika terdapat hormon yang tidak seimbang, maka ditambahkan hormon lain agar lebih seimbang.
* Kelainan Sistemik
Ada ibu yang tubuhnya sangat gemuk atau kurus. Hal ini bisa memengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik. Atau ibu menderita penyakit diabetes, juga akan memengaruhi sistem metabolisme ibu sehingga siklus haidnya pun tak teratur.
Penanganan:
Untuk mengatasi problem gemuk atau kurus sehingga sistem metabolismenya membaik adalah dengan mengatur pola makan yang tepat. Ibu bisa melakukan diet dengan panduan dari seorang ahli supaya asupan yang masuk sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sedangkan untuk penderita diabetes kadar gula dalam darah atau kadar insulin dalam darah tinggi sehingga dapat menyebabkan gangguan siklus haid, pemberian obat antidiabetik atau obat insulin “sensitizer” dapat memperbaiki siklus haid kembali normal dan bahkan memperbaiki kesempatan untuk hamil.
* Stres
Stres jangan dianggap enteng sebab akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Bisa saja karena stres, si ibu jadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolismenya terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.
Penanganan:
Stres yang dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi adalah stres psikis yang berat seperti kesedihan yang sangat hebat (orangtua atau pasangan hidup atau anak meninggal dunia), atau kehidupan yang sangat menekan seperti kehidupan di dalam penjara wanita. Stres psikis yang hebat dapat meningkatkan hormon CRH atau kortisol, yang dapat mengganggu produksi hormon reproduksi. Untuk mengatasinya adalah dengan mengatasi stres itu sendiri lewat terapi yang dilakukan oleh ahlinya. Jika stres bisa diatasi, siklus haid bisa normal.
* Kelenjar Gondok
Terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipotiroid). Pasalnya, sistem hormonal tubuh ikut terganggu.
Penanganan:
Jika hormon tiroid terlalu tinggi maka perlu ditambahkan obat agar produksi kelenjar gondok menurun, dan sebaliknya jika hormon tiroid terlalu rendah maka perlu ditambahkan obat agar hormon tiroid kembali normal. Intinya produksi kelenjar harus sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.
* Hormon Prolaktin Berlebihan
Pada ibu menyusui, produksi hormon prolaktinnya cukup tinggi. Hormon prolaktin ini sering kali membuat ibu tak kunjung haid karena memang hormon ini menekan tingkat kesuburan ibu. Pada kasus ini tak masalah, justru sangat baik untuk memberikan kesempatan pada ibu guna memelihara organ reproduksinya. Sebaliknya, jika tidak sedang menyusui, hormon prolaktin juga bisa tinggi, biasanya disebabkan kelainan pada kelenjar hipofisis yang terletak di dalam kepala.
Penanganan:
Produksi hormon prolaktin yang berlebihan dapat disebabkan oleh stres psikis yang hebat atau karena terdapat tumor pada kelenjar hipofisis yang menghasilkan hormon prolaktin lebih banyak. Untuk menekan produksi hormon prolaktin yang berlebih dapat diberikan obat saja, atau jika diperlukan dapat dilakukan operasi pembedahan untuk mengangkat tumor di kelenjar hipofisis tersebut.
FOKUS Pada KEINGINAN HAMIL
Banyak ibu yang gusar, gangguan siklus haid menghambatnya untuk memiliki anak. Bukan saja ibu yang belum memiliki anak, ibu yang sudah memiliki anak pun dapat mengalaminya. Pada kasus ini penanganan siklus haid yang tidak normal selalu memerhatikan apakah penderita masih berharap untuk hamil atau tidak. Jika masih ingin hamil, maka penanganannya harus difokuskan kepada upaya untuk membantu penderita menjadi hamil. Jika penderita tidak ingin hamil lagi, maka penanganannya cukup dengan mengatur siklus haidnya saja.
Narasumber: Dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG., dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta

70 komentar:

  1. dok saya mengalami haid siklus pendek yaitu maju smpai 10 hri,dn sbelumnya juga haid saya suka maju terus tp tdak smpai pada bulan ini,yaitu sampai 10 hari.apakh itu mash dbilang normal?dan kalaupun tidak,kemungkinan pnyebabnya apa dan kelainan apa yang terjadi pada organ reproduksi saya?
    Saya berusia 17 thn,saya belum menikah.

    BalasHapus
  2. Terbukti! Bikin vagina seperti perawan kembali.

    BalasHapus
  3. dok, sya siklus haidnya tidak teratur. jika saya sudah selesai haid, 6 hari kemudian haidnya datang lagi. apa yang terjadi dok ?

    BalasHapus
  4. Dokter mentrusi saya biasax normal tp akhir2 ini tidak teratur bahkan saya mersakan semua tanda2 hamil ada dalam diri saya.....tp tiba2 saya dikejutkan dengan rasa yg tidak nyaman setelah saya liat ternyata saya haids saya kecewa sekali dok....haid normal sekitar tgl 20an tiba2 berubah jd tgl 15 dan berubah lg tgl 9 kenapa begini dok.....saya pengen bnget punya anak......saya sudah setahun menikah yapi belum punya anak....solusix bagaimana dokter

    BalasHapus
  5. Dok saya jg udah setaon lbih blm punya anak,
    Pdhl sy udah berobat kedr.SpOG. 5 bulan
    Pertama haid saya sdh teratur.. Kemudian
    Saya telat haid 3 bulan dok.. Sy pikir
    Sy hamil eh tau2x bgt cek msh spt yg du
    Lu gangguan haid. Sy stress berat dok
    Saya udah berobat sana sini n sdh berhasil
    Teratur haid saya malah ko tiba2 kembali
    Ky gt lg. Bingung sy dok sptx sy sdh putus
    Asa.

    BalasHapus
  6. dok saya wanita berumur 21 tahun saya bingung karena saya haid hanya 3-6bulan sekali,apakah ada masalah atau penyakit dalam tubuh saya?
    tapi ibu saya juga begitu waktu belum menikah apakah ini karena faktor keturunan juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sperti saya . sudah 2 bulan terakhir ini saya tidak haid. sedih rasanya dan sangat bertanya2 ada apa ini sebenarnya ? karna belum haid juga sampe skarang saya jd ada masalah dgn nafsu makan dan cara berpikir saya jd berubah . jd tidak cepat lapar, namun pola pikir jd sempit sperti cepat marah, cepat sedih.

      Hapus
    2. sama seperti saya, sudah hampir 8 bulan belum haid terakhir 4 bulan yg lalu keluar flek aja...awalnya sy kira hamil dan setelah ke dr kandungan hasil nya negatif dan dr nyatakan rahim sy sehat dan bersih..tp saya heran ko bisa berbulan2 sebelum menikah haid saya lancar karena saya terbiasa dengan sitem kelender...sampai saat ini haid belum kunjung tiba...Jika rekan2 punya solusi nya bisa bantu share ke alamat email sy di alamat, diajengayueva@yahoo.com terima kasih ats waktunya...

      Hapus
  7. Mohon maaf buat ibu/mbak yang mengalami masalah haid. Saya tidak berani memberikan saran apapun karena saya bukanlah seorang dokter. Dalam blog ini, saya hanya ingin berbagi pengetahuan, pengalaman, dan informasi. Jadi di artikel ini saya hanya membahas sebuah ulasan agar berguna bagi banyak orang

    BalasHapus
  8. dok saya wanita berumur 23thn saya bingun saya sudah tidak haid 1bln lebih dan saya periksa pake testpack hasilnya negatif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum? ikut nimbrung neh mb? keluhan mb dan saya juga sama tidak haid 1bln lebih dan saya periksa pake taspack juga negatif, umur saya juga sama dengan mb 23th.padahal awalnya senang akhirnya telat datang bulan pertanda kehamilan.

      Hapus
  9. dok saya Ibu berumur 49 th. 3 bulan yll saya menunaikan ibadah haji dan minum obat penahan haid selama 25 hari. satu minggu setelah berhenti minum obat saya menstruasi yg berkepanjangan hingga kini. Dokter kandungan pertama sudah 2 x memberi plasminex, begitu minum plasminex mens berhenti dan akan mens lagi jika tidak minum. Dokter kandungan lain menyarankan 3 opsi :1. dibiarkan alami sampai berhenti sendiri 2.diberi obat lagi selama 1 bulan mengembalikan hormon ke kondisi semula 3.dilakukan tindakan kuret. mana yang paling amankah ?

    BalasHapus
  10. Dok saya wanita 22 tahun,,,dari semenjak SMA haid saya tidak teratur,,,terkadang haid saya sampai 2 bln lamanya,,,tp setelah itu tidak haid slama 3-5 bln,,,
    Saya pernah konsultasi ke Dokter Kandungan dan hasilnya dikarenakan hormon...
    Yang sy mau tanyakan apakah boleh kita minum obat pemberheti darah?...karena saya takut mens saya banyak terus,,,Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass. mbak, masalah mbak mirip sama saya, haid saya durasinya lama banget
      biasanya 14 hari, bahkan dulu pernah 1 bulan lamanya, tapi jarak haid berikutnya 2 bulan. haid saya teratur 1 bulan sekali, cuma jangka waktunya yang lama
      saya gadis 16 th, kalo mbak dapat solusi, kasih tau saya juga ya, saya juga kalo ada solusi akan kasih tau mbaknya, makasih banyak

      Hapus
    2. Ass.sama masalh mba sama seprti saya,haid saya saat ini sudh hampi 10 hari.. saya brumur 17 th, itu knp y mba.. tolong kasih solusinya y mba makasih

      Hapus
    3. ass.. masalahnya sama seperti sy juga, umur sy skrg 24th,, dari sma durasi haid sy tdk teratur haid sy kadang 20hr kadang lebih dr 20hr, setelah itu sy suka tdk haid 3bln-5blnan, sy prnh k dokter kandungan utk periksa,takutnya ada apa2 d rahim sy, setelah d usg tdk apa2 d dlm rahim sy, kemudian sy di kasi obat oleh dokternya utk melancarkan haid nya, klo sy minum obat itu haid sy teratur setiap blnnya cuma seminggu, selama 3bln sy minum obatnya, kirain sy haid sy sdh teratur, setelah sy stop tdk minum obatnya lg, haid sy kembali tdk normal lg,, ini skrg sy sdh tdk haid slma 3bln,, ini apa penyebab nya yah,, sy takut sy tdk bisa hamil.. ada yg tau penyakit apa ini..

      Hapus
  11. dok saya wanita umur 23 tahun udah nikah, saya pengen cepat punya anak tapi menstruasi saya tidak lancar misalnya bulan yang lalu saya dapat haid pd tgl 6 tapi bulan ini saya dapat haid pada tanggal 15, itulah yang membuat saya bingun untuk menghitung masa subur saya, mohon bantuannya ya dok.

    BalasHapus
  12. DOk,,, umur sy 30 tahun dan blm menikah., sudah lebih 7 tahun sy haid tidak teratur.., bisa 3 bulan sekali,, dan hanya 1-2 hari saja..., tolong dok kasih solusi gimana caranya biar normal...

    BalasHapus
  13. Oh-yah. Aku kan dapet haid kan, tanggal 14. Januari 2012 sampai 16 Januari 2012. Tapi, kenapa yah? bulan februari, ini aku belum dapet, kawan ku, semua dapet, kalo saya, kenapa enggak dapet yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin anda hamil!

      Hapus
    2. ihh sama aku juga seperti itu kenapa ya?

      Hapus
    3. sama gw haid tnggal 17 january sampaii sekrg hmpir akhir feb blim jga haid lgi

      Hapus
  14. knpa ya aq 2th ini gag haid2?

    BalasHapus
  15. dok , umur saya kini 15 tahun . kenapa yah saya haid 3 kali dalam satu bulan ? tindakan apa yang harus dilakukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, saya juga 15 tahun. tiap bulan nya saya haid 2-3 kali. kenapa ya itu ?

      Hapus
  16. dok, saya kadang sampai 3 bulan tidak haid,, haid pun tidak selancar dulu.. gmana ya cra mngatasinya??//

    BalasHapus
  17. dok saya mau nanya,knpa haid saya sekarang keluarnya sedikit d tambah sering nyeri setiap haid?

    BalasHapus
  18. dok ,saya mau bertanya mengapa saya jarang menstruasi ? hampir 1 tahun tidak menstruasi dan saat liburan kuliah panjang baru menstruasi dan sampai akhir ini blm menstruasi lagi sudah hampir stngah thun dan saya sllu mengalami keputihan ? mohon solusi dan jawabannya terima kasih

    BalasHapus
  19. Saya menyarankan untuk yg ingin hamil harus mempersiapkan fisik dan mental, serta selalu berdo'a kepada Allah Swt.

    BalasHapus
  20. Ada yang bisa ngasih solusi.
    awal bulan pertama dan kedua saya haid dengan lancar,tapi pada bulan ke 3 misalnya seharusnya saya haid tanggal 8 tapi kok sampai tanggal 13 saya belum haid??

    BalasHapus
  21. DOK SAYA IBU DG SATU ANAK UMUR SAYA 28 TAHUN,SAYA SETELAH MENIKAH SERING TERLAMBAT HAID ( SATU BULAN HAID, BULAN DEPANNYA TIDAK HAID) SAYA MELAHIRKAN MELALUI PROSES CAESAR. NAMUN DALAM 4 BULAN TERAKHIR INI SAYA TIDAK MENGALAMI HAID SELAMA 4 BULAN. APAKAH ADA SOLUSI ATAU SAYA HARUS KONSULTASI KE DOKTER?

    BalasHapus
  22. dok...kenapa ya saya menstruasi ga lancar..terkadang sampai 2-3 bulan ga menstruasi....apa ada pengobatannya ya dok....mohon solusinya

    BalasHapus
  23. Dok, saia masih remaja dan saya belum haid selama 2,5 bulan, apakah berbahaya?

    BalasHapus
  24. dok, saya umur 24 thn.
    untuk bln ini saya belum dapat haid. padahal dada, pinggang dan perut saya sudah sakit-sakit..
    apa penyebabnya haid saya tidak teratur?
    thankx ^^

    BalasHapus
  25. Dok, saya menstruasi paling sebentar 10 harian dan paling lama bisa ampe sebulan trus bbrp bulan sterusnya gak haid, biasanya 3-6 bulanan.. kira2 ini knapa ya dok? apa ini akan membuat saya sulit hamil nantinya?

    BalasHapus
  26. sya seorang istri yg sudah 3thun menikah,,awal mnikah sya ikut kb suntik,sethun kmudian berhenti,,krn ingin mmiliki momongan tp smpai skrang msh blum hamil,hal ini d akibatkn haid yg tdk teratur,yakni siklus panjang,,,bhkn skrgpun sdh 4 blan tdk mndapatkan haid,,,mohon slusix dok dan obat apa yg hrus sy konsumsi spya haid sy teratur dan bsa sgra mmliki mmongan

    BalasHapus
  27. dok saya haid hampir mau 10 hari itu kenapa ya dok..

    BalasHapus
  28. dok kenapa ya saya d bulan ini ga haid tolong di jawab ya dok

    BalasHapus
  29. dok, saya umur 24 thn.
    untuk bln ini saya belum dapat haid. padahal dada, pinggang dan perut saya sudah sakit-sakit..
    apa penyebabnya haid saya tidak teratur?
    thankx ^^

    BalasHapus
  30. dok , saya umur 19 tahun,mens hanya keluar sedikit , hanya satu kali keluar tapi perut mual,sakit..tdak enak di badan,,gimana penjelasannya,

    BalasHapus
  31. dok sy mahasiswi 18th
    3 bulan ini sy sdang bnyak mngikuti kgiatan organisasi dan kpanitiaan,karena itu bulan oktober kemarin sampe hari ini sy blum menstruasi, apa tdk apa-apa?
    bgaimana spy sy cpt menstruasi?
    trima kasih

    BalasHapus
  32. dok usia saya 44 thn.saya sudah menikah selama 1thn belum jg d karunai anak.bulan kemaren saya dapat haid tgl 25 bulan dapat tgl 12 cuma 1hari kenap ya dok..?trs bagaimana solusiny..?terimakasih ya dok..

    BalasHapus
  33. dok,bulan ini saya haid hanya 1hari saja,padahal bulan sebelumnya teratur sekitar 3-4hari..usia saya 19th,belum menikah..
    apakah itu normal atau ada masalah dengan kesehatan saya???.

    BalasHapus
  34. Dok, saya usia 29 tahun, BB 69kg tinggi 161cm
    sudah belakangan ini haid saya sangat-sangat tidak teratur. kadang sebulan haid selanjutnya 3 bulan lagibaru haid. bahkan sekrang ini sudh setahun tidak haid-haid juga. saya sangat takut kedepannya kalau menikah akan terhambat pada kehamilan karena siklus haid saya ini. saya mohon dokter bisa membantu saya kira2 apa penyebab dan solusinya dok??
    karena saya sudah berkali2 ke dokter specialis tapi hasilnya sama. sudah sampe di USG kata dokter kandungan saya baik2 saja. stres saja kata dokternya dan di kasih vit tetapi sampe sekarang ini tak juga kunjung haid.

    terima kasih dok atas jawabannya

    BalasHapus
  35. dok, saya beerusia 23 tahun dan mempunyai 2 orang putri,, untuk putri yg kedua saya memutuskan untk tidak ber KB,, tetapi masuk dalam bulan ke 3 haid saya mulai tidak teratur,, satu bulan 3 kalli,, tgl 1 haid, selesai tgl 7, tgl 11 haid selesai tgl 16, tgl 21 haid selesai tgl 26,, tolong beri saya penjelasan dan solusinya dok,, thanks

    BalasHapus
  36. dok saya usianya 37 tahun saya punya 2 orang anak perempuan,saya sudah tidak ber kb 5 tahun,haid saya tidak ter atur sejak pertengahan tahun 2012 ,sekarang saja sudah 3 bulan belum juga ,,tpi saya tes negatip,ada rasa sakit pada pinggang dok,,tolong beri saya solusinya supaya haid kembali normal.terima kasih

    BalasHapus
  37. dok usia saya 21 tahun belum menikah, haid saya selalu telat dan tidak teratur, bulan desember 2012 saya haid tanggal 5 , bulan lalu haid saya tanggal 11 januari tapi sampai sekarang saya belum haid lagi, itu kenapa ya dok, tolong penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus
  38. waaahh .. bahayaa,
    kunjungi balik silabusrppberkarakter.wordpress.com/

    BalasHapus
  39. Bagus nih, bermanfaat sekale
    thanks

    BalasHapus
  40. membantu nih, makasih infonya

    BalasHapus
  41. dok, siklus haid aq tidak teratur.. yang ini saja sudah 3 bulan lebih tidak haid,
    haidku teratur nanti merasa capek betul jdi kluarnya teratur.... bagaimana itu dok..
    aq berusia 21 tahun

    BalasHapus
  42. Dok, Kalau haid nya tidak setiap bulan , bagaimana solusinya dokter ? Saya takut tidak bisa punya anak

    BalasHapus
  43. Obat Herba Khusus LANCAR HAID.
    Komposisi : Daun Beluntas, Kemuning, Daun Baru Cina. Khasiat : Membantu melancarkan menstruasi. Sebaiknya dipadukan dengan SEH Kapsul / Super. Harga Rp. 180.000,- (45 caps). Alamat : Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Telp. 021 - 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

    BalasHapus
  44. dok sya sri 21 tahun , apakah siklus menstruasi yang sya alami ini berbahasa , normalx orang haid satu bulan sekali setahun blakangan ini haid sya tidak teratur mejadi 2-4 bulan sekali

    BalasHapus
  45. Mba saya setiap tgal 4 atw tgal 27 haid tetapi 1 bulan cuman 1 hari haid nya dan gk haid lagi sudah hampir 2 bulan .

    BalasHapus
  46. saya mau tanya knp haid saya gak lancar, terakhir saya haid bln april kurang lebih 5 bln saya tidak haid sudah periksa kedokter katanya hanya faktor stress & hormon saja tetapi saya msih blm yakin. umur saya bru 16thn. mohon sarannya.

    BalasHapus
  47. Asskum dok ,, gimana cara nya agar saya haid nya lancar ?? Sehabis melahirkan saya haid nya 2 bulan teratur ,, terus selama 1 tahun akhir2 ne saya koq belum jg haid y dok?? & saya jg kut KB andalan laktasi itu dok ,, terus gimana agar saya bisa haid lagi dg lancar dok????

    BalasHapus
  48. sangat bermanfaat sekali dan detail informasinya. terima kasih ya

    BalasHapus
  49. saya mengsyorkan anda untuk berkunjung ke website ini untuk mengetahui dengan lebih lanjut tentang masalah sakit Puan http://ilikesihat.blogspot.com/2013/11/mrt-ld-venus-gold-mengawal-kitaran-haid.html#_

    BalasHapus
  50. setelah kb saya lepas,menstruasi jadi sangat sering.bahkan hampir tiap bulan hanya 1minggu yang kosong,saya mengalami ini sudah hampir 8bulan.apakah ini normal buat saya?maksih...

    BalasHapus
  51. ulasannya sangat bermanfaat dok. kadang haid menjadi momok yang menakutkan yang membuat kaum hawa terganggu aktifitasnya.

    BalasHapus
  52. apakah jarak haid yg terlalu dekat itu berbahaya bagi kesehatan rahim? seperti dalam sebulan terjadi dua kali menstruasi dengan jarak satu minggu sekali... bagaimana cara mengatasi dan pengobatannya?

    BalasHapus
  53. dok saya udah 7bln tdk menstruasi.itu penyebabnya apa ya?

    BalasHapus
  54. Dok saya 20 tahun biasanya saya haid mengalami siklus pendek dan panjang tp bulan ini tiba tiba saya sudah 36 hari tp belum haid jg kira2 apa penyebabnya dok

    BalasHapus