Mengapa Haid Tidak Teratur? Penyebab dan Solusinya

Idealnya, siklus haid teratur setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode haid. Dengan siklus haid yang normal, secara fisiologis menggambarkan, organ reproduksi ibu cenderung sehat dan tak bermasalah. Sistem hormonalnya baik, ditunjukkan dengan sel telur yang terus diproduksi dan siklus haidnya teratur. Intinya, secara kasat mata ibu diyakini dalam kondisi sehat. Sehingga, dengan siklus normal ini, ibu akan lebih mudah mendapatkan kehamilan, menata rutinitas, menghitung masa subur, dan lainnya.Pada kenyataannya, tak semua perempuan memiliki siklus haid yang normal. Banyak di antara mereka yang siklus haidnya tidak teratur, yakni siklusnya tidak memiliki pola tertentu. Mungkin pada awalnya siklus haid lebih dari 35 hari, namun kemudian akan timbul perdarahan haid di luar siklus haid normal. Misal,
siklusnya semula 35-40 hari tetapi bulan berikutnya bisa tidak haid selama 3 bulan. Di sisi lain, ada pula yang dalam sebulan bisa mengalami haid lebih dari sekali. Contoh, bulan ini haid terjadi tanggal 10, kemudian datang lagi pada tanggal 25 di bulan yang sama. Haid yang berlangsung kurang dari 21 hari dikategorikan siklus pendek.
Baik siklus pendek maupun panjang, sama-sama menunjukkan ketidakberesan pada sistem metabolisme dan hormonal. Dampaknya pun sama, yaitu jadi lebih sulit hamil. Pada siklus pendek, ibu mengalami “unovulasi” karena sel telur tidak terlalu matang sehingga sulit untuk dibuahi. Pada siklus panjang, hal ini menandakan sel telur jarang sekali diproduksi atau ibu mengalami ketidaksuburan yang cukup panjang. Jika sel telur jarang diproduksi berarti pembuahan akan sangat jarang terjadi. Padahal, haid merupakan tanda kalau ibu sedang subur.

Ketidakteraturan haid ini pun membuat ibu sulit mencari kapan masa subur dan tidak. Seharusnya, jika haid teratur, masa subur dapat ditemukan dengan mudah. Contoh, jika siklusnya 30 hari, maka masa subur diperkirakan 16 hari setelah hari pertama haid. Berbeda dengan siklus panjang dan pendek, sulit sekali menghitung masa subur karena tak ada rumus yang dapat digunakan.
Namun begitu, ibu tak perlu berkecil hati. Sebab, dengan kecanggihan pengobatan modern, hal ini bisa diatasi. Nanti dokter akan membantu ibu mencari apa penyebabnya, untuk kemudian diberikan solusinya yang tepat. Tentu diperlukan kerja sama yang lebih intens antara ibu dan pasangan dengan dokter. Mudah-mudahan dengan terapi yang dilakukan bisa membuat ibu segera hamil.
RAGAM Penyebab & Solusinya
Banyak penyebab kenapa siklus haid menjadi panjang atau sebaliknya, pendek. Namun, penanganan kasus dengan siklus haid yang tidak normal, tak berdasarkan kepada panjang atau pendeknya sebuah siklus haid, melainkan berdasarkan kelainan yang dijumpai. Penanganan dilakukan oleh dokter berdasarkan penyebabnya.
* Fungsi Hormon Terganggu
Haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.
Penanganan:
Jika terdapat kekurangan hormon, maka dapat ditambahkan hormon yang kurang tersebut (misal, kekurangan hormon estrogen, maka dapat ditambahkan hormon estrogen). Jika terdapat hormon yang berlebih, maka dilakukan pemberian obat tertentu sehingga kadar hormon kembali normal (misal, kadar hormon prolaktin yang berlebih dapat dikurangi dengan pemberian obat tertentu). Jika terdapat hormon yang tidak seimbang, maka ditambahkan hormon lain agar lebih seimbang.
* Kelainan Sistemik
Ada ibu yang tubuhnya sangat gemuk atau kurus. Hal ini bisa memengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik. Atau ibu menderita penyakit diabetes, juga akan memengaruhi sistem metabolisme ibu sehingga siklus haidnya pun tak teratur.
Penanganan:
Untuk mengatasi problem gemuk atau kurus sehingga sistem metabolismenya membaik adalah dengan mengatur pola makan yang tepat. Ibu bisa melakukan diet dengan panduan dari seorang ahli supaya asupan yang masuk sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sedangkan untuk penderita diabetes kadar gula dalam darah atau kadar insulin dalam darah tinggi sehingga dapat menyebabkan gangguan siklus haid, pemberian obat antidiabetik atau obat insulin “sensitizer” dapat memperbaiki siklus haid kembali normal dan bahkan memperbaiki kesempatan untuk hamil.
* Stres
Stres jangan dianggap enteng sebab akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Bisa saja karena stres, si ibu jadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolismenya terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.
Penanganan:
Stres yang dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi adalah stres psikis yang berat seperti kesedihan yang sangat hebat (orangtua atau pasangan hidup atau anak meninggal dunia), atau kehidupan yang sangat menekan seperti kehidupan di dalam penjara wanita. Stres psikis yang hebat dapat meningkatkan hormon CRH atau kortisol, yang dapat mengganggu produksi hormon reproduksi. Untuk mengatasinya adalah dengan mengatasi stres itu sendiri lewat terapi yang dilakukan oleh ahlinya. Jika stres bisa diatasi, siklus haid bisa normal.
* Kelenjar Gondok
Terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipotiroid). Pasalnya, sistem hormonal tubuh ikut terganggu.
Penanganan:
Jika hormon tiroid terlalu tinggi maka perlu ditambahkan obat agar produksi kelenjar gondok menurun, dan sebaliknya jika hormon tiroid terlalu rendah maka perlu ditambahkan obat agar hormon tiroid kembali normal. Intinya produksi kelenjar harus sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.
* Hormon Prolaktin Berlebihan
Pada ibu menyusui, produksi hormon prolaktinnya cukup tinggi. Hormon prolaktin ini sering kali membuat ibu tak kunjung haid karena memang hormon ini menekan tingkat kesuburan ibu. Pada kasus ini tak masalah, justru sangat baik untuk memberikan kesempatan pada ibu guna memelihara organ reproduksinya. Sebaliknya, jika tidak sedang menyusui, hormon prolaktin juga bisa tinggi, biasanya disebabkan kelainan pada kelenjar hipofisis yang terletak di dalam kepala.
Penanganan:
Produksi hormon prolaktin yang berlebihan dapat disebabkan oleh stres psikis yang hebat atau karena terdapat tumor pada kelenjar hipofisis yang menghasilkan hormon prolaktin lebih banyak. Untuk menekan produksi hormon prolaktin yang berlebih dapat diberikan obat saja, atau jika diperlukan dapat dilakukan operasi pembedahan untuk mengangkat tumor di kelenjar hipofisis tersebut.
FOKUS Pada KEINGINAN HAMIL
Banyak ibu yang gusar, gangguan siklus haid menghambatnya untuk memiliki anak. Bukan saja ibu yang belum memiliki anak, ibu yang sudah memiliki anak pun dapat mengalaminya. Pada kasus ini penanganan siklus haid yang tidak normal selalu memerhatikan apakah penderita masih berharap untuk hamil atau tidak. Jika masih ingin hamil, maka penanganannya harus difokuskan kepada upaya untuk membantu penderita menjadi hamil. Jika penderita tidak ingin hamil lagi, maka penanganannya cukup dengan mengatur siklus haidnya saja.
Narasumber: Dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG., dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta

119 komentar:

  1. dok saya mengalami haid siklus pendek yaitu maju smpai 10 hri,dn sbelumnya juga haid saya suka maju terus tp tdak smpai pada bulan ini,yaitu sampai 10 hari.apakh itu mash dbilang normal?dan kalaupun tidak,kemungkinan pnyebabnya apa dan kelainan apa yang terjadi pada organ reproduksi saya?
    Saya berusia 17 thn,saya belum menikah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslamuaikum saya karlina umur 20thun blm menikah , dok saya mau nanya saya ini sering telat menstruasi ini hal wajar apa karna hormon saya gak stabil dok , tapi klk sekali menstruasi bisa 1 bulan gak brenti2 dok

      Hapus
  2. Terbukti! Bikin vagina seperti perawan kembali.

    BalasHapus
  3. dok, sya siklus haidnya tidak teratur. jika saya sudah selesai haid, 6 hari kemudian haidnya datang lagi. apa yang terjadi dok ?

    BalasHapus
  4. Dokter mentrusi saya biasax normal tp akhir2 ini tidak teratur bahkan saya mersakan semua tanda2 hamil ada dalam diri saya.....tp tiba2 saya dikejutkan dengan rasa yg tidak nyaman setelah saya liat ternyata saya haids saya kecewa sekali dok....haid normal sekitar tgl 20an tiba2 berubah jd tgl 15 dan berubah lg tgl 9 kenapa begini dok.....saya pengen bnget punya anak......saya sudah setahun menikah yapi belum punya anak....solusix bagaimana dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh ini sama persis spt saya ..

      Hapus
    2. Sama sepert saya...kl ada solusi ksi info y sis

      Hapus
    3. Sama sepert saya...kl ada solusi ksi info y sis

      Hapus
    4. Sama sis kl ada solusi ksi info y

      Hapus
    5. Sama sis kl ada solusi ksi info y

      Hapus
  5. Dok saya jg udah setaon lbih blm punya anak,
    Pdhl sy udah berobat kedr.SpOG. 5 bulan
    Pertama haid saya sdh teratur.. Kemudian
    Saya telat haid 3 bulan dok.. Sy pikir
    Sy hamil eh tau2x bgt cek msh spt yg du
    Lu gangguan haid. Sy stress berat dok
    Saya udah berobat sana sini n sdh berhasil
    Teratur haid saya malah ko tiba2 kembali
    Ky gt lg. Bingung sy dok sptx sy sdh putus
    Asa.

    BalasHapus
  6. dok saya wanita berumur 21 tahun saya bingung karena saya haid hanya 3-6bulan sekali,apakah ada masalah atau penyakit dalam tubuh saya?
    tapi ibu saya juga begitu waktu belum menikah apakah ini karena faktor keturunan juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sperti saya . sudah 2 bulan terakhir ini saya tidak haid. sedih rasanya dan sangat bertanya2 ada apa ini sebenarnya ? karna belum haid juga sampe skarang saya jd ada masalah dgn nafsu makan dan cara berpikir saya jd berubah . jd tidak cepat lapar, namun pola pikir jd sempit sperti cepat marah, cepat sedih.

      Hapus
    2. sama seperti saya, sudah hampir 8 bulan belum haid terakhir 4 bulan yg lalu keluar flek aja...awalnya sy kira hamil dan setelah ke dr kandungan hasil nya negatif dan dr nyatakan rahim sy sehat dan bersih..tp saya heran ko bisa berbulan2 sebelum menikah haid saya lancar karena saya terbiasa dengan sitem kelender...sampai saat ini haid belum kunjung tiba...Jika rekan2 punya solusi nya bisa bantu share ke alamat email sy di alamat, diajengayueva@yahoo.com terima kasih ats waktunya...

      Hapus
    3. Aq udah nikah mba,,,anak sy udh 2 thun,sy gk kb sama sekali tp mentruasi kadang 3bln sekali,,,itu kn ya mba,,,

      Hapus
    4. Aku juga punya pengalaman yg sama , aku udh 4bulan gk haid , sblm nya pun begitu , haid nya 3bulan sekali. Udh periksa k dokter pun rahim saya bersih , tp kata dokter nya emg hormon nya . dan haid pertama pun telat , ketika saya SMA kelas 1 baru haid , itu termasuk faktor juga kata dokter nya. Masa puber nya telat karna hormonal .. Skrg usia aku 22 tahun ..

      Hapus
    5. Maaf mba saya juga kenapa ya haid nya gak lancar gini udah mau 2 bulan belum haid juga, sekarang saya umur 20 tahun, malahan waktu SMA bisa sampe 6 bulan gak haid. Kalo masalah hormon lalu bagaimana cara penanganan nya ya? Terimakasih

      Hapus
    6. Maaf mba saya juga kenapa ya haid nya gak lancar gini udah mau 2 bulan belum haid juga, sekarang saya umur 20 tahun, malahan waktu SMA bisa sampe 6 bulan gak haid. Kalo masalah hormon lalu bagaimana cara penanganan nya ya? Karna saya juga mengalami keputihan yang terus menerus keluar. Terimakasih

      Hapus
    7. Saya dah stu bulan kira mahu dua bulan tk dtg haid..bdan rsa sakit lemah..kurang selera mkn stress lgi krja tkda mcm mna mhu atasi

      Hapus
  7. Mohon maaf buat ibu/mbak yang mengalami masalah haid. Saya tidak berani memberikan saran apapun karena saya bukanlah seorang dokter. Dalam blog ini, saya hanya ingin berbagi pengetahuan, pengalaman, dan informasi. Jadi di artikel ini saya hanya membahas sebuah ulasan agar berguna bagi banyak orang

    BalasHapus
  8. dok saya wanita berumur 23thn saya bingun saya sudah tidak haid 1bln lebih dan saya periksa pake testpack hasilnya negatif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum? ikut nimbrung neh mb? keluhan mb dan saya juga sama tidak haid 1bln lebih dan saya periksa pake taspack juga negatif, umur saya juga sama dengan mb 23th.padahal awalnya senang akhirnya telat datang bulan pertanda kehamilan.

      Hapus
  9. dok saya Ibu berumur 49 th. 3 bulan yll saya menunaikan ibadah haji dan minum obat penahan haid selama 25 hari. satu minggu setelah berhenti minum obat saya menstruasi yg berkepanjangan hingga kini. Dokter kandungan pertama sudah 2 x memberi plasminex, begitu minum plasminex mens berhenti dan akan mens lagi jika tidak minum. Dokter kandungan lain menyarankan 3 opsi :1. dibiarkan alami sampai berhenti sendiri 2.diberi obat lagi selama 1 bulan mengembalikan hormon ke kondisi semula 3.dilakukan tindakan kuret. mana yang paling amankah ?

    BalasHapus
  10. Dok saya wanita 22 tahun,,,dari semenjak SMA haid saya tidak teratur,,,terkadang haid saya sampai 2 bln lamanya,,,tp setelah itu tidak haid slama 3-5 bln,,,
    Saya pernah konsultasi ke Dokter Kandungan dan hasilnya dikarenakan hormon...
    Yang sy mau tanyakan apakah boleh kita minum obat pemberheti darah?...karena saya takut mens saya banyak terus,,,Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass. mbak, masalah mbak mirip sama saya, haid saya durasinya lama banget
      biasanya 14 hari, bahkan dulu pernah 1 bulan lamanya, tapi jarak haid berikutnya 2 bulan. haid saya teratur 1 bulan sekali, cuma jangka waktunya yang lama
      saya gadis 16 th, kalo mbak dapat solusi, kasih tau saya juga ya, saya juga kalo ada solusi akan kasih tau mbaknya, makasih banyak

      Hapus
    2. Ass.sama masalh mba sama seprti saya,haid saya saat ini sudh hampi 10 hari.. saya brumur 17 th, itu knp y mba.. tolong kasih solusinya y mba makasih

      Hapus
    3. ass.. masalahnya sama seperti sy juga, umur sy skrg 24th,, dari sma durasi haid sy tdk teratur haid sy kadang 20hr kadang lebih dr 20hr, setelah itu sy suka tdk haid 3bln-5blnan, sy prnh k dokter kandungan utk periksa,takutnya ada apa2 d rahim sy, setelah d usg tdk apa2 d dlm rahim sy, kemudian sy di kasi obat oleh dokternya utk melancarkan haid nya, klo sy minum obat itu haid sy teratur setiap blnnya cuma seminggu, selama 3bln sy minum obatnya, kirain sy haid sy sdh teratur, setelah sy stop tdk minum obatnya lg, haid sy kembali tdk normal lg,, ini skrg sy sdh tdk haid slma 3bln,, ini apa penyebab nya yah,, sy takut sy tdk bisa hamil.. ada yg tau penyakit apa ini..

      Hapus
  11. dok saya wanita umur 23 tahun udah nikah, saya pengen cepat punya anak tapi menstruasi saya tidak lancar misalnya bulan yang lalu saya dapat haid pd tgl 6 tapi bulan ini saya dapat haid pada tanggal 15, itulah yang membuat saya bingun untuk menghitung masa subur saya, mohon bantuannya ya dok.

    BalasHapus
  12. DOk,,, umur sy 30 tahun dan blm menikah., sudah lebih 7 tahun sy haid tidak teratur.., bisa 3 bulan sekali,, dan hanya 1-2 hari saja..., tolong dok kasih solusi gimana caranya biar normal...

    BalasHapus
  13. Oh-yah. Aku kan dapet haid kan, tanggal 14. Januari 2012 sampai 16 Januari 2012. Tapi, kenapa yah? bulan februari, ini aku belum dapet, kawan ku, semua dapet, kalo saya, kenapa enggak dapet yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin anda hamil!

      Hapus
    2. ihh sama aku juga seperti itu kenapa ya?

      Hapus
    3. sama gw haid tnggal 17 january sampaii sekrg hmpir akhir feb blim jga haid lgi

      Hapus
  14. knpa ya aq 2th ini gag haid2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dengan saya mbak,saya juga dah 2 thun gak haid,udh periksa dokter juga ,kandunganku normal

      Hapus
  15. dok , umur saya kini 15 tahun . kenapa yah saya haid 3 kali dalam satu bulan ? tindakan apa yang harus dilakukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, saya juga 15 tahun. tiap bulan nya saya haid 2-3 kali. kenapa ya itu ?

      Hapus
  16. dok, saya kadang sampai 3 bulan tidak haid,, haid pun tidak selancar dulu.. gmana ya cra mngatasinya??//

    BalasHapus
  17. dok saya mau nanya,knpa haid saya sekarang keluarnya sedikit d tambah sering nyeri setiap haid?

    BalasHapus
  18. dok ,saya mau bertanya mengapa saya jarang menstruasi ? hampir 1 tahun tidak menstruasi dan saat liburan kuliah panjang baru menstruasi dan sampai akhir ini blm menstruasi lagi sudah hampir stngah thun dan saya sllu mengalami keputihan ? mohon solusi dan jawabannya terima kasih

    BalasHapus
  19. Saya menyarankan untuk yg ingin hamil harus mempersiapkan fisik dan mental, serta selalu berdo'a kepada Allah Swt.

    BalasHapus
  20. Ada yang bisa ngasih solusi.
    awal bulan pertama dan kedua saya haid dengan lancar,tapi pada bulan ke 3 misalnya seharusnya saya haid tanggal 8 tapi kok sampai tanggal 13 saya belum haid??

    BalasHapus
  21. DOK SAYA IBU DG SATU ANAK UMUR SAYA 28 TAHUN,SAYA SETELAH MENIKAH SERING TERLAMBAT HAID ( SATU BULAN HAID, BULAN DEPANNYA TIDAK HAID) SAYA MELAHIRKAN MELALUI PROSES CAESAR. NAMUN DALAM 4 BULAN TERAKHIR INI SAYA TIDAK MENGALAMI HAID SELAMA 4 BULAN. APAKAH ADA SOLUSI ATAU SAYA HARUS KONSULTASI KE DOKTER?

    BalasHapus
  22. dok...kenapa ya saya menstruasi ga lancar..terkadang sampai 2-3 bulan ga menstruasi....apa ada pengobatannya ya dok....mohon solusinya

    BalasHapus
  23. Dok, saia masih remaja dan saya belum haid selama 2,5 bulan, apakah berbahaya?

    BalasHapus
  24. dok, saya umur 24 thn.
    untuk bln ini saya belum dapat haid. padahal dada, pinggang dan perut saya sudah sakit-sakit..
    apa penyebabnya haid saya tidak teratur?
    thankx ^^

    BalasHapus
  25. Dok, saya menstruasi paling sebentar 10 harian dan paling lama bisa ampe sebulan trus bbrp bulan sterusnya gak haid, biasanya 3-6 bulanan.. kira2 ini knapa ya dok? apa ini akan membuat saya sulit hamil nantinya?

    BalasHapus
  26. sya seorang istri yg sudah 3thun menikah,,awal mnikah sya ikut kb suntik,sethun kmudian berhenti,,krn ingin mmiliki momongan tp smpai skrang msh blum hamil,hal ini d akibatkn haid yg tdk teratur,yakni siklus panjang,,,bhkn skrgpun sdh 4 blan tdk mndapatkan haid,,,mohon slusix dok dan obat apa yg hrus sy konsumsi spya haid sy teratur dan bsa sgra mmliki mmongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sy sedang mengalami Ўɐ♌ğ mba alami,,apa ya solusinya

      Hapus
    2. Sya lgi mengalami Ўɐ♌ğ dulu mba alami,,bisa tau apa solusinya ya

      Hapus
  27. dok saya haid hampir mau 10 hari itu kenapa ya dok..

    BalasHapus
  28. dok kenapa ya saya d bulan ini ga haid tolong di jawab ya dok

    BalasHapus
  29. dok, saya umur 24 thn.
    untuk bln ini saya belum dapat haid. padahal dada, pinggang dan perut saya sudah sakit-sakit..
    apa penyebabnya haid saya tidak teratur?
    thankx ^^

    BalasHapus
  30. dok , saya umur 19 tahun,mens hanya keluar sedikit , hanya satu kali keluar tapi perut mual,sakit..tdak enak di badan,,gimana penjelasannya,

    BalasHapus
  31. dok sy mahasiswi 18th
    3 bulan ini sy sdang bnyak mngikuti kgiatan organisasi dan kpanitiaan,karena itu bulan oktober kemarin sampe hari ini sy blum menstruasi, apa tdk apa-apa?
    bgaimana spy sy cpt menstruasi?
    trima kasih

    BalasHapus
  32. dok usia saya 44 thn.saya sudah menikah selama 1thn belum jg d karunai anak.bulan kemaren saya dapat haid tgl 25 bulan dapat tgl 12 cuma 1hari kenap ya dok..?trs bagaimana solusiny..?terimakasih ya dok..

    BalasHapus
  33. dok,bulan ini saya haid hanya 1hari saja,padahal bulan sebelumnya teratur sekitar 3-4hari..usia saya 19th,belum menikah..
    apakah itu normal atau ada masalah dengan kesehatan saya???.

    BalasHapus
  34. Dok, saya usia 29 tahun, BB 69kg tinggi 161cm
    sudah belakangan ini haid saya sangat-sangat tidak teratur. kadang sebulan haid selanjutnya 3 bulan lagibaru haid. bahkan sekrang ini sudh setahun tidak haid-haid juga. saya sangat takut kedepannya kalau menikah akan terhambat pada kehamilan karena siklus haid saya ini. saya mohon dokter bisa membantu saya kira2 apa penyebab dan solusinya dok??
    karena saya sudah berkali2 ke dokter specialis tapi hasilnya sama. sudah sampe di USG kata dokter kandungan saya baik2 saja. stres saja kata dokternya dan di kasih vit tetapi sampe sekarang ini tak juga kunjung haid.

    terima kasih dok atas jawabannya

    BalasHapus
  35. dok, saya beerusia 23 tahun dan mempunyai 2 orang putri,, untuk putri yg kedua saya memutuskan untk tidak ber KB,, tetapi masuk dalam bulan ke 3 haid saya mulai tidak teratur,, satu bulan 3 kalli,, tgl 1 haid, selesai tgl 7, tgl 11 haid selesai tgl 16, tgl 21 haid selesai tgl 26,, tolong beri saya penjelasan dan solusinya dok,, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dg saya mba...dlm sebulan ini sy sdh 2x haid.sy smp takut mba..sdh periksa kedokter kandungan alhamdulillah normal.kt dokter itu pengaruh hormon.bs dsebabkan krn stres juga..ini dksh obat mdh2an bs normal lg.

      Hapus
  36. dok saya usianya 37 tahun saya punya 2 orang anak perempuan,saya sudah tidak ber kb 5 tahun,haid saya tidak ter atur sejak pertengahan tahun 2012 ,sekarang saja sudah 3 bulan belum juga ,,tpi saya tes negatip,ada rasa sakit pada pinggang dok,,tolong beri saya solusinya supaya haid kembali normal.terima kasih

    BalasHapus
  37. dok usia saya 21 tahun belum menikah, haid saya selalu telat dan tidak teratur, bulan desember 2012 saya haid tanggal 5 , bulan lalu haid saya tanggal 11 januari tapi sampai sekarang saya belum haid lagi, itu kenapa ya dok, tolong penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus
  38. waaahh .. bahayaa,
    kunjungi balik silabusrppberkarakter.wordpress.com/

    BalasHapus
  39. Bagus nih, bermanfaat sekale
    thanks

    BalasHapus
  40. dok, siklus haid aq tidak teratur.. yang ini saja sudah 3 bulan lebih tidak haid,
    haidku teratur nanti merasa capek betul jdi kluarnya teratur.... bagaimana itu dok..
    aq berusia 21 tahun

    BalasHapus
  41. Dok, Kalau haid nya tidak setiap bulan , bagaimana solusinya dokter ? Saya takut tidak bisa punya anak

    BalasHapus
  42. Obat Herba Khusus LANCAR HAID.
    Komposisi : Daun Beluntas, Kemuning, Daun Baru Cina. Khasiat : Membantu melancarkan menstruasi. Sebaiknya dipadukan dengan SEH Kapsul / Super. Harga Rp. 180.000,- (45 caps). Alamat : Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Telp. 021 - 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

    BalasHapus
  43. dok sya sri 21 tahun , apakah siklus menstruasi yang sya alami ini berbahasa , normalx orang haid satu bulan sekali setahun blakangan ini haid sya tidak teratur mejadi 2-4 bulan sekali

    BalasHapus
  44. Mba saya setiap tgal 4 atw tgal 27 haid tetapi 1 bulan cuman 1 hari haid nya dan gk haid lagi sudah hampir 2 bulan .

    BalasHapus
  45. saya mau tanya knp haid saya gak lancar, terakhir saya haid bln april kurang lebih 5 bln saya tidak haid sudah periksa kedokter katanya hanya faktor stress & hormon saja tetapi saya msih blm yakin. umur saya bru 16thn. mohon sarannya.

    BalasHapus
  46. Asskum dok ,, gimana cara nya agar saya haid nya lancar ?? Sehabis melahirkan saya haid nya 2 bulan teratur ,, terus selama 1 tahun akhir2 ne saya koq belum jg haid y dok?? & saya jg kut KB andalan laktasi itu dok ,, terus gimana agar saya bisa haid lagi dg lancar dok????

    BalasHapus
  47. sangat bermanfaat sekali dan detail informasinya. terima kasih ya

    BalasHapus
  48. saya mengsyorkan anda untuk berkunjung ke website ini untuk mengetahui dengan lebih lanjut tentang masalah sakit Puan http://ilikesihat.blogspot.com/2013/11/mrt-ld-venus-gold-mengawal-kitaran-haid.html#_

    BalasHapus
  49. setelah kb saya lepas,menstruasi jadi sangat sering.bahkan hampir tiap bulan hanya 1minggu yang kosong,saya mengalami ini sudah hampir 8bulan.apakah ini normal buat saya?maksih...

    BalasHapus
  50. ulasannya sangat bermanfaat dok. kadang haid menjadi momok yang menakutkan yang membuat kaum hawa terganggu aktifitasnya.

    BalasHapus
  51. apakah jarak haid yg terlalu dekat itu berbahaya bagi kesehatan rahim? seperti dalam sebulan terjadi dua kali menstruasi dengan jarak satu minggu sekali... bagaimana cara mengatasi dan pengobatannya?

    BalasHapus
  52. dok saya udah 7bln tdk menstruasi.itu penyebabnya apa ya?

    BalasHapus
  53. Dok saya 20 tahun biasanya saya haid mengalami siklus pendek dan panjang tp bulan ini tiba tiba saya sudah 36 hari tp belum haid jg kira2 apa penyebabnya dok

    BalasHapus
  54. Informasi yang sangat bermanfaat sekali bagi pembaca dan bagi penderita hormon tidak seimbang. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog >> Obat Hormon Tidak Seimbang

    BalasHapus
  55. Dok saya hampir 1Thn ga datang Haid apa karena penyakit?dan apa solusinya?

    BalasHapus
  56. Dok, siklus menstruasi saya 21hari. Terakhir menstruasi pada tanggal 5. Apabila menghitung dari siklus menstruasi saya tersebut, seharusnya saya menstruasi lagi pada tanggal 27. Tapi sampai tanggal 28 pun saya belum menstruasi. Apa mungkin saya hamil?

    BalasHapus
  57. Selamat siang dok saya mau bertanya. Dulu diawal saya haid hingga berumur 20 tahun saya selalu mengalami sakit saat haid, hingga 2 hari saya mengalami kram. sekarang disaat akan haid selalunya ada tanda'' seperti payudara kencang, pegal" juga, tetapi sekarang sudah tidak lagi dan haid pun sudah tak nyeri lagi, memang saya bersyukur apabila sudah tak nyeri lagi saat haid tapi apakah saya ini baik" saja atau ada penyakit di dalam tubuh saya,?

    BalasHapus
  58. Selamat siang dok saya mau bertanya. Dulu diawal saya haid hingga berumur 20 tahun saya selalu mengalami sakit saat haid, hingga 2 hari saya mengalami kram. sekarang disaat akan haid selalunya ada tanda'' seperti payudara kencang, pegal" juga, tetapi sekarang sudah tidak lagi dan haid pun sudah tak nyeri lagi, memang saya bersyukur apabila sudah tak nyeri lagi saat haid tapi apakah saya ini baik" saja atau ada penyakit di dalam tubuh saya,?

    BalasHapus
  59. dokter saya haidnya kok 2 kali ya dalam 1 bulan ? kenapa itu dok ?

    BalasHapus
  60. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus
  61. dok semenjak meninggal nya adik saya pada bulan maret2015, saya belum haid sehingga badan saya benar benar mekar dok.gimana ya ?

    BalasHapus
  62. Dok, saya gadis 15 th, udh 3 bln terakhir haidnya suka ga lancar, kadang telat sampai 2 minggu, kadang on time, tapi bulan ini saya belum kena haid dan udh telat sekitar 2 minggu. Dan kalo saya mau kena haid biasanya suka sakit terus ketika haid, hari awal2 suka nyeri di perut bagian bawah, akhir-akhir ini saya sering ngerasa ga enak badan (kaya lemes terus lambung nya sakit) bab saya jg ga lancar dok. Saya jg punya kebiasan krg baik, biasanya kalo setelah makan saya lgsg tiduran. Apa ada kaitanya dok ? Terus gimana cara mengatasinya dan saya kadang sampai stres memikirkan hal ini. Terimakasih.

    BalasHapus
  63. THERAPY PENYUBUR KANDUNGAN Kok bisa produk Moment untuk terapi Promil ???Penyebab secara umum susahnya terjadi kehamilan yg di alami wanita adalah : 1. TIDAK TERATURNYA MENSTURASI, Ketidak teraturan mensturasi adalah indikasi tidak seimbangnya Hormon, yg menyebabkan pembentukan sel telur tidak terjadi setiap bulan, dalam istilah medis disebut ANOVULASI. 2. GANGGUAN KESEHATAN, gangguan kesehatan yg menyebabkan susah terjadinya pembuahan seperti : - Terjadi penyumbatan Tuba Falopi yg menyebabkan sperma susah menjangkau sel telur, ini biasanya disebabkan bakteri yg di tularkan lewat aktivitas seksual.- Adanya kista Ovarium sehingga tidak terjadi pembentukan sel telur atau Ovarium memproduksi Hormon Testo steron yg terlalu tinggi- Endometriosis yg menyebabkan gangguan pada saluran yg di lalui sel telur ke rahim 3. Implantation SPERMA bisa membuahi sel telur tetapi hilang karena mensturasi berikatnya. 4. UMUR, Usia 35 tahun keatas beresiko pada kesehatan ibu dan janin, sehingga anda harus mempunyai pengetahuan yg baik, konsultasikan pada dokter untuk menanyakan peluang hamil. 5. SPERMA KUALITAS DAN KUANTITAS SPERMA, sangat menpengaruhi terjadinya pembuahan. Inilah yg paling sering menyebabkan susahnya terjadinya kehamilan.Jadi jangan kecil hati buat Ayah dan Bunda yg ingin mempunyai momongan, karena MOMENT telah menyediakan Paket Program Hamil yaitu : GLUCOGEN + BIOCELL + MOMENT COFFFEE Untuk BUNDA = Glucogen + Biocell Untuk Ayah = Coffee + BiocellMengandung beberapa preparat yg memicu Detoksifikasi / pembersihan organ tubuh dari radial bebas racun / penyebab penyakit yakni : 1. Stemcell, L-Cornitine & taurine pd biocell 2. L- Gluthatione pada glucogen sebagai the master of Antioxidant. Speparat inilah yg mennjadi tersangkanya dan makin meningkatnya kesuburan / ferrilitas pd organ Reproduksi Ayah / Bunda karena sel lemak & radikal bebas dibuang keluar...Klo saluran kshtn udh plong.... INFO ORDER PRODUK



    Muthya

    Pin bb : 583A0D88

    Wa : 083896122672



    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya minum glucogen + biocell malah telat haid 12 hr..di usg transvaginal sm dr.kandungan tdk ada tanda2 kehamilan.padahal biasanya lancar 28 hari tiap bln

      Hapus
  64. Penyebab Kista pada Umumnya

    1. Gangguan pembentukan hormon pada hipotalamus hipofise (organ yang mengatur pembentukan hormon pada manusia



    2. Gangguan pembentukan hormon indung telur.



    Gejala Awal Tumbuh Kista

    1. Sering terasa sakit pada pinggul dan perut

    2. Sakit ketika melakukan hubungan intim

    3. Sakit ketika buang air kecil

    4. Nyeri berlebih ketika mens

    5. Peradangan pada rahim



    Cara Mengetahui Tumbuh Kista

    Cek langsung ke dokter spesialis kandungan merupakan cara terbaik mengetahui tumbuh tidaknya kista.



    Sebaiknya jangan coba menerka-nerka ketika terjadi rasa sakit terutama dibagian pinggul.



    Mencegah Kista

    1. Berolahraga yang cukup

    2. Menjalankan Pola hidup sehat, dan tidak stress berlebih

    3. Bagi pasangan yang sudah menikah, usahakan hamil sesegera mungkin karena hal ini dapat mencegah pembentukan kista

    melalui cara mengurangi frekuensi haid dan aktivitas hormon.

    4. Rutin memeriksakan diri ke dokter

    Moment Glucogen merupakan salah satu sumber anti-oksidan terbaik yang bisa didapatkan zaman sekarang.



    Dengan rajin mengkonsumsi Moment Glucogen, maka kista yang masih kecil

    bisa disembuhkan tanpa perlu operasi.



    Cara kerja Moment Glucogen mengobati kista adalah dengan mengembalikan siklus

    hormonal dan menangkap radikal bebas.



    Ketika siklus hormonal sudah membaik, maka kista akan berhenti berkembang dan

    diharapkan akan mengecil...



    info produk

    Muthya

    Pin bb : 583A0D88

    Hp : 083896122672

    BalasHapus
  65. Ada beberapa hal yang menyebabkan menstruasi tidak teratur, diantaranya :

    Memahami menstruasi yang tidak teratur

    Siklus menstruasi biasanya terjadi secara teratur. Lamanya perdarahan bisa bervariasi dari 2 sampai 7 hari dengan interval antara 2 siklus (waktu antara periode pertama dan periode berikutnya) sekitar 28 hari. Hilangnya darah rata-rata adalah sekitar 60-100ml. Jadi, jika terjadi penyimpangan dari hal di atas bisa dianggap menstruasi Anda abnormal.
     

    Kehamilan

    Alasan paling umum dari siklus menstruasi yang tidak teratur dalam kelompok usia reproduksi biasanya berhubungan dengan kehamilan. Jika periode haid terlewati, tes kehamilan menjadi sebuah keharusan. Kadang-kadang kehamilan juga bisa terjadi pada pasien perimenopause (dekat menopause). Sementara jika perdarahan melampaui batas waktu, bisa jadi tanda dari kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim).
    Siklus yang tidak teratur juga merupakan tanda umum yang sering terjadi pasca kehamilan. Sementara itu, pemberian ASI juga dapat menyebabkan waktu menstrusi Anda terhambat. Hal ini normal dan tidak menjadi masalah.

     

    Periode perimenopause

    Siklus yang tidak teratur juga terjadi pada periode perimenopause. Beberapa perubahan dalam siklus ini biasanya dapat diterima dan tidak memerlukan pengobatan, sementara perdarahan yang berat memerlukan evaluasi lebih lanjut. Pendarahan setelah mencapai menopause adalah suatu yang tidak normal dan harus diselidiki.
     

    Kontrasepsi
    Berbagai bentuk kontrasepsi juga dapat mengakibatkan siklus menstruasi Anda tidak teratur. Penggunaan pil KB juga dapat menyebabkan perdarahan hanya sedikit  atau bahkan mengakibatkan perdarahan berat. Pemberian suntikan untuk kontrasepsi pasca melahirkan juga dapat menyebabkan haid tidak teratur.

     

    Berat badan 
    Naiknya berat badan yang signifikan atau penurunan berat badan juga dapat menyebabkan siklus yang tidak teratur. Kenaikan berat badan yang signifikan dapat menunjukkan adanya gangguan tiroid. Gangguan tiroid sangat umum terjadi pada wanita dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, siklus tidak teratur, lesu dan lain-lain. Berat badan yang berlebihan juga dapat menandakan terjadinya penyakit ovarium polikistik yang merupakan masalah hormonal dan mungkin memerlukan pengobatan.

    Berat badan berlebih juga dapat menjadi petunjuk masalah kondisi sistemik seperti kanker dan tuberkulosis. Kenaikan berat badan atau penurunan berat badan dapat menunjukkan gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia nervosa.

     

    Stres emosional 
    Stres emosional yang berat misalnya, kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terdekat juga dapat menyebabkan perdarahan yang tidak teratur.

     

    Ketidakteraturan menstruasi bersumber pada ketidakseimbangan hormon. Apa pun yang Anda lakukan untuk mengembalikan keseimbangan hormon juga akan mengembalikan siklus menstruasi Anda.

     

    Nah bagi anda yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan kadang merasa nyeri saat menstruasi jangan khawatir. Dengan Glucogen, anda dapat mengatasi masalah tersebut.karena, kandungan gluthathione pada glucogen bermanfaat untuk menyeimbangkan kerja hormone di dalam tubuh serta memperbaiki metabolism di dalam tubuh agar menjadilebih lancar.

     

    Mulailah dengan gaya hidup yang lebih sehat, hindari stress berusahalah untuk menikmati hidup, serta konsumsi glucogen yang akan membantu anda mencukupi nutrisi tubuh anda agar lebih sehat dan bugar...

    Info produk
    Muthya
    Pin bb : 583A0D88
    Hp : 083896122672

    BalasHapus
  66. Salam blog walking =)

    tulisannya lengkap.

    saya sendiri menulis tema sejenis tentang hal ini di blog saya disini :

    http://www.programkehamilan.net/13-penyebab-haid-tidak-teratur-lengkap-dengan-solusinya/

    Silakan mampir =)

    BalasHapus
  67. Salam blog walking =)

    tulisannya lengkap.

    saya sendiri menulis tema sejenis tentang hal ini di blog saya disini :

    http://www.programkehamilan.net/13-penyebab-haid-tidak-teratur-lengkap-dengan-solusinya/

    BalasHapus
  68. Salam blog walking =)

    tulisannya lengkap.

    saya sendiri menulis tema sejenis tentang hal ini di blog saya disini :

    http://www.programkehamilan.net/13-penyebab-haid-tidak-teratur-lengkap-dengan-solusinya/

    BalasHapus
  69. Dok saya bbrpnbulan yg lalu haid saya lancar paling lewat 6 harisaja dr tgl biasa.. Pi bulan november ne saya blom haid.Kenapa ya dok..Sy berusia 23 tahun

    BalasHapus
  70. atasi penyebabnya.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  71. Assalammualaikum . Masalah haid tidak teratur sememangnya sangat penting untuk diambil berat . Terutamanya untuk wanita yang telah berumahtangga yang ingin menimang cahayamata.Tips Atasi Masalah Haid Tidak Teratur Dengan Selamat Dan juga Berkesan
    Anda mesti sayangkan diri anda kan ??Jom lah sama sama kita berubah untuk kehidupan yang lebih baik .Sekiranya anda ada apa apa kemusykilan atau pertanyaan berkenaan masalah kesihatan anda , jangan tangguh tangguh lagi untuk hubungi saya (Whatsapp +60107096284 Aini)

    BalasHapus
  72. apakah ada hubungan antara dismenore dengan pola haid yang tidak teratur?

    BalasHapus
  73. dok saya wanita berumur 19 tahun, saya mengalami haid yang tidak lancar, terkadang haidnya hanya datang 1 kali dalam dua bulan..
    dan haid yang saya alami pun hanya sebatas flek coklat saja,,
    apa itu berbahaya dok?
    dan apa solusi yang tepat..

    BalasHapus
  74. bagi kaum wanita yang punya masalah haid atau menstruasi tidak teratur bisa mencoba dengan cara berolahraga lari-lari atau jalan sambil jongkok, gak perlu lama-lama, cuma 5 menit saja, lakukan tiap hari selama 1 minggu. selamat mencoba.
    http://obatkhusushaid.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  75. Trims Artikelnya Sangat membantu sekali

    BalasHapus
  76. terima kasih infonya lengkap dan bermanfaat

    BalasHapus
  77. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  78. dok mau tanya usia saya 15 tahun dari bulan kemarin sampai bulan ini saya haid 2 kali apakah itu normal ? terima kasih..

    BalasHapus
  79. Dok, saya mau tanya, saya sejak menikah siklus haid sangat jarang, terakhir cuma 2x dalam setahun (setiap 6 bulan sekali) waktu periksa, katanya semua hormon normal, saya jd takut gak bisa hamil. Klo menurut dokter itu gimana ya

    BalasHapus
  80. Dok, saya rina, usia 27thn dan belum menikah.sejak usia pertama kali dapat menstruasi saya memang sudah tidak lancar, sekitar 2/3 bulan sekali, 3tahun akhir ini saya dapat mens setelah kurun waktu 7bln, 9bln, sampe setahun saya baru dapet mens lagi, setelah itu sekarang saya dapet mens sudah 2 bln lebih belum selesai juga.
    saya sering ingin pergi konsultasi langsung dengan dokter tapi saya takut.

    BalasHapus
  81. Dok saya ara wanita umur 14 tahun ,kenapa menstruasi saya telat 3 minggu , kenapa ya dok ? . Saya jadi takut.

    BalasHapus
  82. Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/bakar-kalori-dengan-bersepeda/

    BalasHapus
  83. Dok saya mau tanya, sudah tiga bulan terakhir haid saya sering sekali kadang sebulan bisa dua kali bahkan setelah seminggu haid 5hari kemudian haid lagi, itu kenapa ya dok, dan pernah juga beberapa taun kebelakang haird saya tdk berhenti selama hampir sebulan lamanya. Itu kenapa ya dok? Mohon penjelasannya. Terimakasih

    BalasHapus
  84. Dok saya biasanya normal siklusnya 30 hari tpi ini saya terlambat sampai 92 hari tp sdh cek ke dokter tdk hamil, dan di hari ke 93 saya dtang bulan apakah sangat berbahaya krn perut sya juga jd sakit dan kram terima kasih

    BalasHapus
  85. Dok aku selalu ngga teratur haid nya kadang 2 bulan sekali kadang 3 bulan sekali dulu malah pernah 6 bulan sekali
    Tolong minta info penanganannya dong🙏

    BalasHapus
  86. Hai semua,
    ini adalah untuk memberitahu orang ramai bahawa penderma buah pinggang yang sihat diperlukan dari semua kumpulan darah. Kami akan memberi anda harga yang jujur dan rawatan terbaik untuk pemindahan anda sebagai rawatan perubatan terbaik terbaik. Anda boleh menderma atau menyokong membantu memperbaiki kehidupan pesakit buah pinggang & mereka keluarga menghubungi kami di: drmercyhospital686 @ .com
    whatsapp dr mercy hospital +2348100367800 atau whatsapp
    +491639478840
    Dermawan-Bantuan-Sokongan Menjadi penyelamat Hidup.

    BalasHapus