Gangguan Haid Yang Perlu Diketahui Wanita

"Gangguan yang umumnya terjadi pada perempuan pada saat haid adalah tidak haid selama beberapa waktu. Ini disebut dengan amenorrhea. Gangguan pada saat haid dianggap masih normal, apabila gangguan itu terjadi selama dua tahun pertama setelah dua tahun pertama setelah haid pertama kali. Artinya, jika seorang perempuan mengalami haid pertama pada usia 11 tahun, maka hingga usia 13 tahun haidnya masih tidak teratur. Namun jika setelah usia 13 tahun haid masih tidak teratur, dipastikan ia mengalami gangguan haid" - dikutip dari Apakah yang dimaksud dengan amenorrhea?

Definisi
amenorrhea adalah haid yang seharusnya terjadi pada wanita remaja, gadis belia, dan perempuan dewasa-produktif- justru tidak terjadi.

Ada dua jenis
amenorrhea, yaitu amenorrhea primer dan amenorrhea sekunder. Amenorrhea primer terjadi ketika haid belum pernah terjadi sampai usia 16 tahun. Masing-masing wanita 'gadis belia' mempunyai pengalaman haid pertama yang berbeda. Kebanyakan gadis berusia 12 tahun sudah dapat haid pertama kali, ada yang berusia 13 tahun baru dapat haid, namun ada juga beberapa gadis yang berusia kurang dari 11 tahun sudah mengalami haid. Nah, jika sampai usai 16 tahun Anda belum juga mengalami haid, itu artinya kondisi amenorrhea primer sedang anda alami.Amenorrhea sekunder terjadi bila haid sudah mulai dan terus berlangsung secara normal 'siklus haid normal' tetapi terhenti. Apabila selama lebih dari 3 bulan haid tidak terjadi lagi pada Anda, padahal seharusnya terjadi, mungkin anda sedang mengalami amenorrhea sekunder. Contoh kasus amenorrhea sekunder yang terjadi pada wanita 'dewasa-produktif' yaitu amenorrhea lactational. Amenorhhea lactational dalah jenis amenorrhea sekunder yang terjadi selama menyusui. Namun ada beberapa wanita justru menggunakan lactational amenorrhea sebagai kontrasepsi. Sepertinya metode ini lebih efektif bagi keluarga berencana yang hanya berlangsung selama enam bulan pertama ASI eksklusif.Amenorrhea juga dikenal sebagai: akhir periode haid, gagal menstruasi, dan terlambat haid

Ejaan umum yang sering digunakan antara lain
amenerha, amerhia, amenerhia.

1 komentar:

  1. aku juga harus tahu nih
    kan ntar calon suami?
    harus ngerti'in istriku nanti donk
    ya nggak??
    hehehehe

    BalasHapus