Apa Saja Kegunaan dan Khasiat Bunga Mawar?

Harum, indah, mempunyai variasi warna yang banyak dan menarik, adalah beberapa keunggulan yang dimiliki bunga mawar. Oleh sebab itu bunga ini sering dimanfaatkan banyak pria untuk mengungkapkan perasaan cintanya kepada seorang perempuan. Bunga mawar juga biasa digunakan untuk mewujudkan penghargaan / pujian/apresiasi kepada seseorang. Selain itu, bunga mawar juga bisa digunakan untuk menciptakan suasana persahabatan dan pengaharapan yang baik.

gambar_macam2_bunga_mawar
Gambar 1a. Contoh Bunga Mawar

Tahukah Anda bahwa bunga mawar sebagai komoditas hortikultural dibudidayakan bukan hanya dimanfaatkan orang sebagai pemberian untuk mengungkapkan perasaan cinta, pujian, pegharapan baik saja. Namun bunga ini ternyata mempunyai banyak manfaat dan kegunaan. Apa saja manfaat dan kegunaan bunga mawar?


Berikut ini adalah beberapa kegunaan bunga mawar
  1. Bunga mawar sebagai tanaman penghias kebun dan taman.
  2. Bunga mawar sebagai penghias ruangan dan teras rumah, biasanya yang mempunyai ukuran pohon tidak terlalu tinggi dan bisa ditanam dalam pot.
  3. Bunga mawar sebagai bunga potong. Untuk kegunaan ini biasanya dicari jenis mawar yang mempunyai tangkai panjang, tidak mudah patah, baunya wangi, dan mempunyai bentuk yang indah
  4. Bunga mawar sebagai bahan baku parfum. 
  5. Bunga mawar sebagai bahan pembuatan obat
  6. Bunga mawar juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan/minnuman olahan. Karena bunga ini mempunyai kandungan Vitamin C yang cukup tinggi
Gambar_taman_bunga_Mawar
Gambar 2a. Bunga Mawar dalam Taman

gambar_taman_mawar_rambat
 Gambar 3a. Bunga Mawar Rambat dalam Taman

gambar_mawar_merah_muda_pot
Gambar 4a. Bunga Mawar dalam Pot


Berikut ini adalah manfaat bunga mawar yang berkhasiat sebagai obat alami
  1. Obat batuk kering, caranya adalah ambil 10 gram mawar kering, cuci dengan bersih. Campurkan 30 gram gula batu lalu tim kedua bahan hingga setengah masak atau sampai keluar airnya. Di saring kemudian minum selagi hangat.
  2. Untuk mengatasi bengkak pada kaki akibat sirkulasi darah tak lancar, caranya adalah  ambil 2-3 bunga mawar, 30 gram daun sembung. Cuci bersih kedua bahan tersebut, rebus dengan air 600 ml hingga tinggal separuhnya. Minum 2 kali sehari sesudah makan 
  3. Mengatasi haid tidak teratur,  caranya adalah ambil 15 gram bunga mawar, 15 gram bunga asoka/siantan, 90 gram daging lidah buaya. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600cc air hingga tinggal 200 cc. Saring. Minum 2 kali sehari sesudah makan. 
  4. Atasi nyeri haid, caranya adalah ambil 15 gram bunga mawar, 15 gram daun dewa. Cuci bersih kedua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring. Minum 2 kali sehari.

3 komentar:

  1. Bisa di minum seperti daun teh.

    BalasHapus
  2. makasih ifonya linknya ijin share yah

    BalasHapus
  3. Info yang sangat bermanfaat nih, thank >>
    dapatkan backlink berkualitas >> www.keppo.web.id

    BalasHapus