Black Blogger Mengakibatkan Citra Blogger Rusak

Pernah mendengar istilah Black Blogger apa belum ya? Meskipun belum pernah mendengar istilah ini, pasti Anda sudah dapat memperkirakan arti kata ini. Black Blogger yang saya maksud disini bukan templete gratis dengan kolom yang cenderung berwarna hitam. Tetapi pencipta dan perawat blog yang dengan sengaja memperbesar masalah, menciptakan perpecahan, memfitnah orang atau pihak lain, serta memicu permusuhan.

Seharusnya kita menciptakan blog untuk membantu orang lain, mempersatu persatuan bangsa, mempromosikan atau memperkenalkan wisata kota tempat kelahiran pada dunia maya, menyumbang argumen yang dapat menunjang kemajuan ilmu pengetahuan. Namun sayangnya masih ada juga yang memanfaatkan layanan gratis blog untuk hal-hal yang merugikan pihak lain. Sudah ada contohnya kok, silahkan dibaca Bapak Blogger Indonesia dipanggil polisi gara-gara ulah nakal Black Blogger.

Karena belum ada aturan ataupun hukum yang membatasi kegiatan blogging, maka setiap orang bebas berekspresi dan bebas menulis. Di dunia maya yang melakukan blogging ada ratusan juta atau mungkin lebih, dalam berbagai bahasa. Sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat membedakan manakah Black Blogger dan manakah White Blogger. Karena itulah banyak orang yang dengan berani tanpa memiliki kekuatiran menciptakan Black Blogger.

Kita sebagai Blogger Indonesia seharusnya bersyukur dan bangga karena mendapatkan media dan layanan gratis yang dapat membuat hidup kita lebih berguna. Melalui media blog pula kita dapat lebih memaksimalkan potensi diri.

Saran saya sebagai Blogger Indonesia yang kini sudah bergabung dengan Komunitas Blogger Solo. Jangan pernah menciptakan dan merawat blog yang tidak bermanfaat, merugikan, dan menciptakan permusuhan. Karena suatu saat, Anda pasti akan menerima akibatnya juga.

Never Give Up!

11 komentar:

  1. setuju. jadi white blogger aja ya.

    BalasHapus
  2. blognya sudah saya folllow ya. kok belum muncul?

    BalasHapus
  3. Follower sudah saya cek,......Blog FATAMORGANA udah muncul kok.
    Iya sih amanya emang jadi White Blogger. Dengan menjadi Blogger yang baik dan berdaya guna, siapa tahu dapat uang tambahan dari kegiatan blogging.....Ya to?!?

    BalasHapus
  4. memang bikin blog yang baik lebih tenang atau white blogger

    BalasHapus
  5. sejauh tidak bertentangan dengan hati nurani dan idealisme....mmmm.. istilah black blogger saya kira sangat rasis sekali.

    mbok diganti dengan jujur aja misalnya blog si fulan menyerang atau membuka rahasia si anu, karena sebagai orang nggak punya kekuatan sepertiku jelas ngeri jika nanti di hantam kromo, nggak seperti untuk orang-orang yang kuat jika salah hanya disebut oknum, yang lainnya tetep saja...bukan oknum...huakakaa...

    BalasHapus
  6. Buat om suryaden: saya memperoleh istilah Black Blogger (Blog Hitam) dari ungkapan wawancara wartawan detikInet.com dengan MenKomInfo, Bpk. Mohammad Nuh. yang telah dipublikasikan pada hari Jumat (02/01/2009).

    Saya cenderung lebih setuju dengan istilah Black Blogger bagi mereka yang menciptakan blog untuk kepentingan Teroris.

    Saya tidak menyebut Blogger yang berdemo melalui blog untuk membela aspirasi rakyat adal h Black Blogger....selama disampaikan secara benar.

    BalasHapus
  7. mampir untuk berkenalan dengan white blogger kang

    BalasHapus
  8. saya mah bukan black atau white blogger,,

    tapi blue blogger..
    soalnya isinya ttg persib dan inter yang berwarna biru.. hehe

    hatiku sebiru langit dan samudera luas..
    hahaha
    hidup persib
    forza inter!!

    BalasHapus
  9. wah saya black blogger bukan ya, tapi sebenernya pengen baik2 aja ama semua, tapi kadang banyak yang ga suka dan gak taulah sayasebutannya mungkin karena sering saya ngegangguin orang kali yaa.... gmana ya...

    BalasHapus